1.500 Aparat Gabungan Akan Amankan Bandara Ngurah Rai Bali

By Admin


nusakini.com - General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Trikora Harjo, di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat (24/6), menjelaskan, sekitar 1.500 aparat gabungan dikerahkan untuk mengamankan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, selama arus mudik dan balik Lebaran.

"Total ada 1.500 personel yang terlibat dalam pengamanan Lebaran," katanya. 

Sebelumnya, komunitas bandara setempat telah melakukan rapat untuk membahas pengamanan tersebut yang dihadiri juga oleh petugas penanganan penumpang di darat atau ground handling serta perwakilan maskapai penerbangan. 

Aparat gabungan yang terlibat pengamanan tersebut, di antaranya dari Aviation Security atau petugas keamanan bandara, Polri, Otoritas Bandara, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Darat, serta personel yang baru dilibatkan yakni dari TNI Angkatan Laut dan Basarnas. 

Pihaknya telah membagi tugas petugas tersebut, yakni TNI AU, Aviation Security dan Polri bertugas di bagian terminal dan parkir, sedangkan sebagian anggota lainnya bersama dengan TNI AD patroli di beberapa titik. Personel TNI AL dan Basarnas melakukan pengamanan di perairan sisi barat bandara. 

"Kami meminimalkan hal-hal yang tidak kami inginkan atau mungkin ada infiltran ataupun orang-orang berniat jahat mengganggu operasional bandara sehingga tahun ini kami siapkan TNI AL dan Basarnas untuk mengamankan dari sisi laut," kata Trikora.(ifm/mk)