12 ASN BerAKHLAK Raih Piala Adhigana

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Sebanyak 12 aparatur sipil negara (ASN) berhasil membawa pulang Piala Adhigana. Mereka adalah tiga terbaik dalam ajang Anugerah ASN 2021 yang terbagi ke dalam empat kategori, yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, PPT Pratama Teladan, ASN Inspiratif, dan The Future Leader.

Apresiasi pun disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. Dikatakan, Tiga Terbaik Anugerah ASN 2021 merupakan contoh bahwa ASN BerAKHLAK yang mampu beradaptasi untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada.

“Selamat kepada 12 ASN peraih Tiga Terbaik Anugerah ASN 2021. Selamat atas prestasi yang telah diterima dan kami berharap agar momen ini tidak berhenti disini, melainkan terus dapat menyemangati dan menginspirasi ASN untuk selalu bekerja dengan penuh semangat,” ujar Menteri Tjahjo pada acara Anugerah ASN 2021 di Jakarta yang disiarkan TVRI, Selasa (14/12).

Sesuai dengan dengan tema Anugerah ASN 2021, yakni ASN BerAKHLAK, Tjahjo menyebutkan bahwa Tiga Terbaik tersebut adalah contoh nyata dari ASN telah mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik. Dengan program dan inovasi yang dijalankan, peraih Piala Adhigana tersebut merepresentasikan nilai-nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan juga Kolaboratif.

“Mereka yang terpilih juga mencerminkan Bangga Melayani Bangsa, yang tercermin dari semangat dan kinerja untuk berkontribusi dalam melayani bangsa,” lanjut Tjahjo.

Berlandaskan BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa, ASN diharapkan mampu menjadi SDM Aparatur yang unggul, berintegritas, berdedikasi, serta mampu melahirkan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Presiden Joko Widodo mengharapkan ASN yang BerAKHLAK dapat menjadi penunjang utama dari implementasi reformasi birokrasi.

ASN BerAKHLAK dapat menciptakan birokrasi yang lebih melayani, kompeten, lincah, dan berkelas dunia. Menteri Tjahjo mengungkapkan, jika seluruh ASN dapat mengembangkan dengan optimal potensi dan kompetensi yang dimiliki, maka ASN sebagai SDM Aparatur dapat mempercepat terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan berkelas dunia serta dapat memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat Indonesia.

Menteri Tjahjo berharap Tiga Terbaik Anugerah ASN 2021 dapat menjadi pemantik semangat dan inspirasi bagi ASN di seluruh Indonesia, terutama dalam mengimplementasikan nilai dasar ASN BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa.

“Teruslah berkarya dan berkinerja demi kejayaan bangsa Indonesia. Ikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Teruslah menjadi ASN yang Bangga Melayani Bangsa,” harap Tjahjo.

Penganugerahaan Piala Adhigana beserta sertifikat dan hadiah diberikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Plt. Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto, dan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa. Juga oleh perwakilan Dewan Juri Anugerah ASN 2021, yakni Komisaris Utama PT Blue Bird Tbk Noni Sri Ayati Purnomo, Praktisi Bidang Teknologi Informasi, Telekomunikasi, dan Transformasi Digital Ahmad Nugraha, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, dan Penulis dan Pegiat Literasi Maman Suherman.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menyampaikan bahwa seluruh kandidat Anugerah ASN 2021 yang tersaring dari total 1.621 kandidat telah memberikan yang terbaik. Kandidat Anugerah ASN yang dimulai dari Top 25, Top 10, Top 6, hingga Tiga Terbaik telah melakukan kinerja yang luar biasa, melampaui ekspektasi, serta memberikan kontribusi nyata, baik bagi organisasi maupun masyarakat.

Alex juga turut memberikan selamat kepada Tiga Terbaik Anugerah ASN 2021 dan mengingatkan bahwa dalam hidup bukanlah masalah terpilih atau tidak. Hal terpenting adalah bagaimana dapat memberikan yang terbaik dan memberikan manfaat kepada sesama manusia.

“Tetaplah berinovasi, teruslah mengembangkan kapasitas, dan menjadi teladan bagi ASN dimana pun ditugaskan. Semoga ASN Indonesia dapat mewujudkan ASN BerAKHLAK yang Bangga Melayani Bangsa,” tutup Alex. (rls)