100 Ribu UMKM Online, Implementasikan Paket Kebijakan Ekonomi XIV

By Admin

Foto/dok. Kominfo  

nusakini.com - Deputi Bidang Koordinasi Kewirausahaan Kementerian Koordinator Perekonomian, Rudy Salahudin mengatakan perkembangan teknologi informasi saat ini disikapi Pemerintah Pusat lewat peluncuran Paket Kebijakan Ekonomi XIV yang menghasilkan roadmap (peta jalan) e-commerce.

"Dengan harapan mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. Dan secara bersamaan memberikan ruang sebesar-besarnya untuk produk pelaku usaha lokal bermain luas di luar secara global," paparnya dalam Pembukaan Gerakan 100.000 UMKM Online yang berpusat di Pasar Sentra Busana Ciroyom, Bandung, Jawa Barat (31/03/2017).

Roadmap itu, menurut Rudy sekaligus mendorong kreasi inovasi dan invensi kegiatan ekonomi baru di generasi muda dengan cara memberikan kemudahan dan kepastian berusaha dalam memanfaatkan e-commerce. “Kebijakan ini akan melindungi kepentingan nasional. Khususnya UMKM dan pelaku usaha startup selain itu meningkatkan keahlian Sumberdaya Manusia pelaku sistem perdagangan nasional berbais e-commerce,” papar Rudy.

Selain itu, potensi Indonesia dengan potensi infrastruktur teknologi yang ada telah mencakup sekitar 90% dari populasi penetrasi mobile serta tingkat pengguna internet mencapai 52% total penduduk Indonesia harus dimanfaatkan dengan baik untuk berkontribusi terhadap PDB Nasional yang saat ini sudah menyumbang 61%. “Aktifitas e-commerce harus jadi gerakan inklusif yang melibatkan semua pihak. Gerakan ini adalah langkah awal untuk mengonlinekan UMKM di seluruh Indonesia,” paparnya.

Pencanangan Gerakan Mengonlinekan 100.000 UMKM dihadiri oleh Pengelola Pasar Sentra Busana Ciroyom, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat, Kepala Dinas Perikanan Jawa Barat, Pimpinan Pos Indonesia Jawa Barat dan diikuti oleh 158 pelaku UMKM di Bandung.(p/mk)