100 Peserta Ikuti Kegiatan Donor Darah di RSUD Cipayung

By Al


nusakini.com - Jakarta - Aksi sosial donor darah dalam rangka menyambut HUT ke-3 RSUD Cipayung, Jakarta Timur, diikuti 100 peserta. Mereka terdiri dari elemen masyarakat, LMK, PKK, pengurus RT dan RW, serta pegawai rumah sakit.

Direktur RSUD Cipayung, Eko Nugroho Budi Prasetyo mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan ini karena banyak warga yang ingin mendonorkan darahnya. Namun, karena kegiatan donor darah di lingkungan mereka minim, membuat warga belum berkesempatan untuk mendonorkan darahnya.

"Kegiatan donor darah ini dalam rangka HUT ke-3 RSUD Cipayung. Kami apresiasi pada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan sosial ini," kata Eko.

Selain donor darah, lanjut Eko, pihaknya juga melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat awam di sekitar. Kemudian seminar nasional, diklat kompetensi nakes, kegiatan kerohanian dan vaksinasi massal.

Ketua Pelaksana HUT RSUD Cipayung yang juga pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi DKI Jakarta Maryanto menjelaskan, inisiatif kegiatan rutin donor darah ini sebagai ikhtiar untuk membantu PMI dalam mengamankan stok darah. Apalagi saat ini kebutuhan darah semakin meningkat di masa pandemi COVID-19.

“Donor darah di masa pandemi ini aman, karena dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," tegas Maryanto.