100 Anak Panti Berekreasi ke Dunia Fantasi

By Al


nusakini,com - Jakarta - Sekitar 100 anak penghuni Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Taruna Jaya 1, Tebet, Jakarta Selatan, berikut 21 tenaga pendamping, berekreasi ke Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol.

Kepala Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1, Budi Hastuti mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan hiburan sekaligus menghilangkan kejenuhan kepada anak-anak penghuni panti, karena selama pandemi COVID-19 mereka hanya mengikuti kegiatan di rumah panti.

"Selama pandemi ini, rutinitas panti yang padat menjadikan anak bosan. Karena itu, kami ajak mereka berwisata guna menghilangkan rasa bosan, sekaligus membantu tumbuh kembang mental mereka," tuturnya.

Menurut Budi Hastuti, perhelatan ini bisa terselenggara berkat dukungan dari Dinas Sosial dan Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Jakarta yang berkolaborasi dengan PT Taman Impian Jaya Ancol.

Dalam kegiatan ini, lanjut Budi Hastuti, Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan Jakarta juga membantu penyediaan sarana trasnportasi enam bus. Selain itu ada pula bantuan makanan dan pakaian dari KOICA (Korea International Cooperation Agency) melalui program Africa-Asia Development Relief Foundation (ADRF) Dream Center.

"Penghuni panti ini adalah anak-anak telantar serta yatim piatu dari keluarga tidak mampu. Sehingga berwisata seperti ini sangat berarti buat mereka," ucap Budi Hastuti.

Putri Ayana (21), salah seorang penghuni Panti PSBR Taruna Jaya 1 mengaku, dirinya merasa bahagia bisa menikmati aneka permainan yang ada di Dunia Fantasi, seperti baling-baling, kora-kora, rumah boneka, dan lainnya.

"Senang banget, saya dan teman-teman bisa refreshing ke tempat wisata ini. Selama ini, saya hanya bermain di lingkungan panti saja," tandasnya.