10 Tagana DKI Ikuti Jambore Nasional di Jawa Timur

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta mengirim 10 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mengikuti Jambore Tagana Nasional di Jawa Timur

Jambore Tagana Nasional 2019 mengusung tema "Urip Iku Urup, Urup Kang Hanguripi" atau "Hidup Itu Menyala, Nyala yang Memberi Penghidupan".

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, Jambore Tagana Nasional ini sebagai ajang berbagi pengalaman dan proses belajar bersama dari setiap karakteristik bencana dan budaya. Selain itu, jambore ini juga sebagai wadah untuk peningkatan kompetensi dan pemetaan keterampilan seluruh anggota Tagana se-Indonesia,

"Jambora Tagana Nasional ini dapat mewujudkan pengembangan jejaring dan kemitraan, baik di tingkat nasional maupun internasional tehadap penanggulangan bencana untuk masa depan yang lebih baik," ujarnya

Irmansyah berpesan, kepada anggota Tagana yang mewakili DKI Jakarta agar terus melakukan penguasaan materi, empati, dan memperhatikan kerja sama serta kekompakan tim.

"Saat mengikuti lomba, pikiran, perilaku, dan ucapan harus dengan hal positif. Lakukan dengan baik, kalau menang itu adalah bonus," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tagana DKI Jakarta, Doddy Cahyadi mengatakan, dalam kegiatan Jambore Tagana Nasional terdapat berbagai lomba yang harus diikuti. Tim yang akan diberangkatkan sudah diberikan persiapan, mulai dari fisik hingga kesiapan penguasaan materi.

"Ada manajemen posko TRC, manajemen shelter, manajemen dapur umum dan logistik, manajemen layanan dukungan sosial, serta yang lainnya," ungkapnya.

Tak hanya penguasaan materi, sambungnya, Tagana asal DKI Jakarta juga ditekankan pentingnya menjaga kerapihan dan ketegasan serta kepercayaan diri dalam menyampaikan jawaban maupun pendapat.

"Sepuluh personel Tagana tersebut dipilih bermula dari pelatihan Tagana Madya. Mereka terpilih karena ada kecakapan dalam melakukan tindakan di lapangan, itu menjadi poin-poin bagi mereka," tandasnya.