10 Orang Terluka setelah Jembatan di AS Ambruk

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah jembatan di kota Pittsburgh AS runtuh dengan enam kendaraan, termasuk sebuah bus, di atasnya pada saat itu.

Para pejabat mengatakan 10 orang menderita luka ringan, tiga di antaranya dibawa ke rumah sakit.

Jembatan Forbes Avenue yang tertutup salju runtuh pada Jumat (28/1) pagi, sekitar pukul 06:00 waktu setempat.

Keruntuhan itu terjadi hanya beberapa jam sebelum Presiden Joe Biden mengunjungi daerah itu untuk berbicara tentang infrastruktur.

Kepala Pemadam Kebakaran Darryl Jones mengatakan responden pertama menggunakan tali lebih panjang dari 100 kaki (30m) dan membentuk rantai manusia untuk menarik korban ke tempat yang aman. Anjing pencari dan drone terlihat di tempat kejadian.

Sopir bus Daryl Luciani dan dua penumpangnya pada saat itu termasuk di antara mereka yang diselamatkan dari jurang yang terbentuk oleh jembatan yang ambruk. Luciani, 58, mengatakan dia merasa "dibenturkan", tetapi tidak terluka.

"Bus itu terpental dan bergetar dan sepertinya lama, tapi mungkin kurang dari satu menit akhirnya bus berhenti, dan saya bersyukur tidak ada orang di dalam bus yang terluka," katanya kepada stasiun lokal WPXI-TV.

Dia seharusnya libur pada hari Jumat tetapi memutuskan untuk bekerja untuk mendapatkan uang tambahan, menurut media lokal.

Seorang penduduk terdekat mengatakan kepada saluran berita KDKA-TV bahwa insiden itu "terdengar seperti bajak salju besar yang mendorong permukaan tanpa salju".

Warga telah diminta untuk menghindari daerah tersebut setelah pejabat keamanan publik mengkonfirmasi bahwa mereka harus menutup saluran gas bocor yang berada di bawah jembatan.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan jembatan milik kota itu ambruk. Walikota Pittsburgh Ed Gainey mengatakan jembatan itu telah diperiksa baru-baru ini pada September, tetapi penilaian 2019 mengungkapkan strukturnya memburuk.

Rentang baja, dibangun pada tahun 1970, adalah rute umum bagi pengendara ke Pittsburgh pusat.

Pejabat transportasi federal mengatakan sekitar 45.000 jembatan AS - termasuk lebih dari 3.000 di Pennsylvania - dalam kondisi buruk.

Pada bulan November, Presiden Biden menandatangani undang-undang menjadi undang-undang yang mencakup $ 110bn (Rp 1.582 triliun) untuk memperbaiki jalan dan jembatan.

Pada hari Jumat, Biden melakukan perjalanan ke lokasi bangunan yang runtuh menjelang pidato yang telah direncanakan sebelumnya di West Mifflin, sekitar 16 km di luar Pittsburgh, untuk mengumumkan manfaat dari pendanaan tersebut.

"Saya tidak menyadari ada lebih banyak jembatan di Pittsburgh daripada di kota lain mana pun," kata presiden yang lahir di Pennsylvania. "Kami akan memperbaiki semuanya. Itu bukan lelucon."

American Society of Civil Engineers, yang secara teratur menilai infrastruktur AS pada rapor A sampai F, saat ini memberi negara itu nilai C. (bbc/dd)