Kejebolan Di Menit Akhir, Peluang Kroasia Lolos ke Fase Gugur Semakin Sulit

By ommed


JERMAN -Semi-finalis Piala Dunia 2022 Kroasia kini berada di ujung tanduk untuk tetap bertahan di Euro 2024 setelah secara mengejutkan bermain imbang 2-2 melawan Albania di Stadion Volkspark, Rabu (19/6) malam WIB.

Meski tidak menyandang status sebagai tim unggulan, Albania mengawali pertandingan dengan baik, dan mampu memberikan tekanan ke pertahanan Kroasia. Bahkan Albania berhasil membuka keunggulan ketika laga memasuki menit ke-11 melalui gol Qazim Laci.

Kroasia baru bisa bangkit di babak kedua, dan berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka akhirnya sukses membalikkan keadaan lewat gol Andrej Kamaric pada menit ke-74, dan bunuh diri Klaus Gsajula selang dua menit kemudian.


Di saat bersiap menyambut kemenangan, kubu Kroasia tersentak dengan gol yang dilesakkan Gsajula di injury time, sehingga tiga angka yang sudah ada di depan mata langsung sirna.

Hasil imbang ini sangat menyakitkan bagi Kroasia, karena mereka tidak beranjak dari status juru kunci klasemen sementara Grup B dengan satu poin. Koleksi angka Kroasia sama dengan Albania yang berada di peringkat ketiga, tetapi kalah selisih gol.

Kemenangan menjadi satu-satunya cara bagi Kroasia untuk menghidupkan peluang ke fase knock-out saat melawan salah satu tim favorit juara Italia, Selasa (25/6) dini hari WIB. Begitu juga dengan Albania yang masih mempunyai peluang. Albania akan menghadapi Spanyol di hari yang sama. (gi)