Emak-Emak Warga Green River Vie Tanjung Bungan Makassar Gelar Unjuk Rasa, Ini Tuntutannya

By Admin


MAKASSAR -- Puluhan warga perumahan Greend River Vie (GRV) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor pemasaran rumah contoh XYZ GMTD di Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Jumat (09/08/2024).

Aksi yang didominasi emak-emak tersebut merupakan buntut dari kekecewaan warga perumahan Greend River Vie yang sudah tahunan tidak bisa menikmati fasilitas air bersih secara maksimal dari pengembang.

"Yang kami inginkan GMTD mendirisribusikan air bersih langsung dari PDAM," kata Agung, kordinator aksi usai melakukan unjuk rasa. 

Menurut Agung air yang digunakan selama ini oleh warga perumahan tidak layak komsumsi dan jauh dari standar air bersih. 

"Harusnya air yang mengalir ke rumah warga air bersih dari PDAM, tetapi kenyataannya air yang kami gunakan air payau," ucapnya. 

Selain berkeluh kesah seperti mahalnya iuran air, terlihat juga warga membagikan rekaman video kondisi air di rumah-rumah mereka yang berwarna kecoklatan. 

Bukan hanya itu beberapa warga juga mengakui mulai mengalami gangguan penyakit kulit yang diduga disebabkan menggunakan air di rumah mereka. 

"Ini sama saja kami membeli penyakit," ucap salah satu warga di lokasi aksi unjuk rasa.

Ada pun poin tuntutan warga diantaranya, menuntut aliran air bersih yang bersumber dari PDAM dan dikelola oleh PDAM sepenuhnya untuk seluruh warga perumahan Greend River Vie, serta menutup WTP. 

Dan jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi pihak manejemen GMTD, warga mengancam tidak membayar iuran yang berkaitan dengan air dan Biaya Pemeliharaan Lingkungan. (hen)