Yayasan Muslim Asia Bekerjasama Pemkot Makassar Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- Pemerintah Kota Makassar melalui dinas Kesehatan Kota, bekerja sama dengan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF)atau Yayasan Muslim Asia menggelar bakti sosial berupa operasi gratis Katarak, di Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM). Jalan Wijaya Kususma No.19 Kompleks Kesehatan Banta bantaeng Makassar. Sabtu (20/4).

Bakti sosial operasi katarak AMFC atau Yayasan Muslim Asia, adalah Program kapal kemanusiaan 04 didirikan tahun 2015 melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan di Indonesia.

Operasi katarak mata ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 19 hingga 20 April 2019 dimana pada hari pertama operasi katarak mata, telah mengoperasi sebanyak 71 pasien dan pada hari kedua sebanyak 69 pasien.

AMCF menyelenggarakan bakti sosial bertujuan untuk membantu masyarakat bagi mereka penderita katarak mata, khususnya kaum fakir yang tidak mempunyai biaya atau BPJS. 

"Sasaran kita untuk operasi katarak mata adalah warga fakir dan tidak mempunyai kartu BPJS. Bakti sosial yang diadakan di Makassar adalah yang pertama kali dilaksanakan di luar pulau Jawa, dan akan menjadi agenda tahunan," ucap Haeruddin Administrator kapal kemanusiaan 04.

Haeruddin menyebutkan setelah melakukan sosialisasi di media, Puskesmas, maupun Pemerintah Kab / Kota, antusias masyarakat mendatangi Balai Kesehatan Mata Masyarakat mendapat respon yang cukup baik. Hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat penderita katarak yang datang dari berbagai daerah di Sulsel.

"Awalnya kita utamakan pasien dari Makasar dan kabupaten Gowa saja ,tapi setelah kita mellakukan sosialisasi, Alhamdulillah pasien yang datang tidak hanya dari Makassar dan Gowa saja, namun pasien dari kabupaten lain seperti Pangkep Sinjai Takalar, dan kabupaten Sidrap juga datang," jelasnya.

Salah satu warga Kabupaten Pangkep ibu Wulan mengatakan, dia datang ke Makassar mengantar orang tuanya untuk operasi katarak mata.

"Saya bersyukur berkat bakti sosial yang diadakan AMCF berupa operasi katarak mata, orang tua kami bisa melihat kembali," terangnya.(dayat)