Yang Mau Kembalikan Lahan Besar, Jokowi: Saya Tunggu Sekarang, Akan Saya Bagikan untuk Rakyat Kecil

By Admin


nusakini.com - Jakarta. Capres nomor urut 1 Jokowi memaparkan soal pembagian sertifikat tanah untuk membantu rakyat. Ia menjelaskan program perhutanan sosial dan jutaan hektare tanah yang telah diterbitkan konsesi untuk rakyat, sebagai wujud komitmen pemerintah. 

"Pemerintah juga melaksanakan program perhutanan sosial, kita telah membagikan konsesi untuk masyarakat di sekitar hutan sudah kita bagikan 2,6 juta hektare, dari 12,7 juta hektare yang sudah kami persiapkan tapi belum dibagi. Ini konsesi tanah untuk rakyat. Konsesi tanah untuk rakyat kecil," kata Jokowi di SICC, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

Jokowi lalu menyindir penerima konsesi (pemberian hak izin tanah oleh pemerintah) dengan luas yang besar. Dia menunggu sang penerima mengembalikannya ke negara.

"Nah, nah, nah, jika ada penerima konsesi besar yang mau mengembalikan ke negara," kata Jokowi yang terhenti sejenak lantaran riuh massa yang hadir.

"Saya ulang, saya ulang. Jadi, kalau ada yang ingin mengembalikan konsesinya kepada negara," ucap Jokowi yang kembali terhenti karena riuh pendukungnya. 

"Saya ulang, jadi, jadi kalau ada konsesi besar yang ingin dikembalikan ke negara, saya tunggu. Saya tunggu, saya tunggu sekarang. Dan akan, dan akan saya bagikan untuk rakyat kecil. Karena masih banyak rakyat yang membutuhkan," ucap Jokowi. (b/ma)