Xabi Alonso Terancam Lima Tahun Penjara

By Admin


nusakini.com - Mantan bintang Real Madrid dan Liverpool, Xabi Alonso terancam hukuman lima tahun masa tahanan atas tuduhan penggelapan pajak. 

Alonso diduga telah menghindari wajib lapor pajak atas pendapatan serta hak citra yang diterimanya selama berkostum Madrid.

Eks penggawa internasional Spanyol berusia 36 tahun tersebut juga berpeluang untuk menerima denda sebesar £3.5 juta apabila terbukti bersalah. Sejauh ini, Alonso membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

Melalui rilis resmi yang diumumkan pada Rabu (21/3), pihak kejaksaan Spanyol mengonfirmasi akan melakukan penyelidikan lebih dalam tentang kasus ini.

"Badan kejahatan ekonomi dari kejaksaan provinsi di Madrid melayangkan tuntutan penjara selama lima tahun kepada mantan pesepakbola Xabi Alonso atas pelanggaran terhadap Departemen Keuangan Publik selama tahun fiskal 2010, 2011 dan 2012," demikian bunyi rilis tersebut.

Selain itu, pihak kejaksaan Spanyol juga melayangkan tuntutan kepada Ivan Zaldua Azcuenaga selaku penasihat keuanganAlonso dan petugas perusahaan konsultasi keuangan, Ignasi Maestre Casanova dengan hukuman yang sama.

Masalah perpajakan di Spanyol belakangan memang banyak menyeret insan dari dunia sepakbola, sebut saja Jose Mourinho, Cristiano Ronaldo hingga Lionel Messi yang sempat dituntut 21 bulan penjara, meski akhirnya diringankan menjadi berupa denda. (fft/om)