Wow! Anak Usia 9 Bakal Jadi Sarjana Termuda di Dunia

By Abdi Satria


nusakini.com-Eindhoven-Anak berusia 9 tahun bakal menjadi sarjana termuda di dunia. Dia adalah Laurent Simons yang akan menyelesaikan gelar sarjana teknik elektro di Universitas Teknologi Eindhoven bulan depan. 

Laurent berhasil menamatkan sekolah menengah pertamanya dalam waktu satu tahun dan menyelesaikan program sarjana yang harusnya tiga tahun hanya dengan sembilan bulan. Dengan IQ 145 dia sudah berencana untuk memulai PhD dan belajar sedikit tentang obat.

Anak laki-laki asal Belgia ini mengembangkan sirkuit komputer yang akan mereplikasi bagian otak. "Apa yang kami lakukan adalah menempatkan neuron dan membuat koneksi untuk melihat apa reaksinya terhadap pengobatan di bagian otak," kata Laurent tentang proyek kepingan dalam otak yang menggabungkan bidang biomedis dan bidang teknik listrik.

"Setiap profesor sangat antusias memiliki Laurent dan bagi kami ini adalah situasi yang unik tentu saja karena ia adalah siswa termuda yang pernah kami miliki," kata direktur program, Sjoerd Hulshof.

Profesor di kampus itu mengagumi kecepatan pikiran Laurent. "Dia mungkin tiga kali lebih pintar dari siswa terpintar yang pernah kita miliki," ujarnya.

Saat ini orang termuda yang memperoleh gelar sarjana adalah American Michael Kearney. Menurut Guinness Book of World Records, dia mencapai prestasi tersebut pada Juni 1994 pada usia 10 tahun 4 bulan, dikutip dari Reuters. (r/ab)