WNI di New Delhi dan Sekitarnya Meriahkan Lebaran 1439 H di KBRI New Delhi

By Admin

nusakini.com--Kegembiraan dan suka cita tersirat dari raut wajah masyarakat muslim Indonesia yang sejak pukul 7 pagi waktu New Delhi mulai memadati Masjid Baiturrahman KBRI New Delhi untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1439 H yang jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. Tidak hanya mereka yang berdomisi di New Delhi, dari kota lain seperti Aligarh, Gurgaon, Noida dan Lucknow juga beramai-ramai hadir untuk ikut bersama mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid menyambut hari kemenangan setelah berpuasa sebulan lamanya. 

Lantunan takbir nan merdu oleh para mahasiswa bersahut-sahutan kian menambah suasana haru lebaran. Ustadz Khairuddin, salah satu WNI yang sedang berada di India bertindak sebagai khotib sekaligus Imam pada sholat Idul Fitri kali ini. Ustadz Khairuddin dalam khotbahnya menekankan pentingnya umat Islam menegakkan shalat. 

Kegembiraan yang terjalin menjadi pengobat rasa rindu kepada sanak saudara di tanah air, khususnya bagi mereka yang baru pertama kalinya merayakan Idul Fitri di India. Sekitar 100 orang WNI berbagi kebahagiaan bersama pada perayaan Idul Fitri di KBRI New Delhi.

Setelah selesai sholat Idul Fitri, silaturahmi di Wisma Duta KBRI New Delhi adalah momen lain yang paling ditunggu-tunggu, sebagai kesempatan untuk bersilaturahmi/halal bihalal antara seluruh WNI yang berada di kawasan New Delhi dan sekitarnya. Sajian menu-menu khas lebaran ala Indonesia yang tersaji semakin menyempurnakan suasana lebaran di negeri Hindustan, dari opor ayam, lontong, dendeng balado, sate ayam hingga urap, juga tidak ketinggalan kue-kue lebaran seperti nastar, lapis legit, kue bawang, kacang goreng, kerupuk dan lain sebagainya.

Serunya lagi, perayaan Idul Fitri di KBRI New Delhi tidak hanya dimeriahkan oleh kaum muslimin saja, tapi juga WNI yang beragama lain, sehingga suasana yang terjalin begitu mencerminkan nilai-nilai, kerukunan, toleransi dan harmoni kebersamaan yang kokoh antara sesama WNI di perantauan. Momen ini dijadikan kesempatan untuk saling memaafkan dan memperkuat ikatan silaturahmi. 

Sejatinya acara perayaan Idul Fitri kali ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan “Semarak Ramadhan 2018" yang disiapkan KBRI New Delhi sejak awal Ramadhan, seperti pengajian rutin untuk orang dewasa dan anak-anak, pesantren kilat, iftar bersama, tarawih dan tadarus yang dilaksanakan oleh paguyuban pengurus Masjid Baiturrahman KBRI New Delhi bersama masyarakat Indonesia. 

Bagi kaum Muslimin Indonesia yang berada India, Ramadhan tahun 2018 memberikan tantangan lebih dibanding tahun-tahun sebelumnya, pasalnya bulan Ramadhan kali ini bertepatan dengan muslim panas yang suhunya mencapai 41°C hingga 46°C dan masa berpuasa yang cukup panjang hingga 15 jam. Beberapa kali udara panas yang menyengat bercampur dengan badai debu, sehingga cukup menganggu aktivitas di luar rumah. Namun demikian, rangkaian demi rangkaian ibadah Ramadhan dapat dilewati dengan baik, tibanya Idul Fitri menjadi pondasi dimulainya semangat baru “Eid Mubarak Ka Swaagat Hey, Ramadhan peer Milengge". (p/ab)