Wisuda Akbar dan Tasyakuran di Masjid Nurul Iman Rutan 1 Mks

By Admin

nusakini.com--Menjadi seorang Napi ataupun Tahanan bukanlah sebuah cita cita atau harapan seseorang, akan tetapi menjadi jalan takdir rahasia Ilahiyah yang telah termaktub, Selain menjadi jalan Muhasabah atau Introspeksi diri juga menjadi jalan Hidayah Allah Subhanahu Wata'ala. 

Sebanyak 150 Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Makassar mengikuti kegiatan Wisuda Akbar 4. Sebuah ajang 5 bulanan untuk menunjukkan kepada Masyarakat bahwa selain menjalani hukuman di Rutan, Warga Binaan juga mendapatkan Pembinaan Kerohanian yang memadai dan mumpuni, hal ini dibuktikan dengan 150 Wisudawan dan Wisudawati yang ikut dalam Kegiatan ini. 

H. Soeardy selaku Ketua Pembina Masjid mengungkapkan."Adapun kategori Wisuda adalah Tasyakuran Dirosa, dimana ini diperuntukkan untuk 120 Santri Binaan Rutan yang telah sukses belajar mengenal Huruf dari "Alif" hingga mampu membaca Alquran besar dengan metode Dirosa yang dikenalkan oleh Lembaga Wahdah Islamiyah.

Sebanyak 30 santri Binaan lainnya ikut dalam kategori Hafalan Surah pilihan. Dimana pada Wisuda Akbar 1-3 sudah ada sekitar 5 surah pilihan dan Juz 30 yang telah dikuasai dan khusus di Wisuda 4 ini, Surah pilihannya adalah Surah Al-Fath untuk Pria dan Surah Al-Mulk untuk Wanita. 

Kegiatan ini berada dalam Pengawasan langsung oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Makassar, serta bagian terkait antara lain Kepala Seksi pelayanan Tahanan, Kepala Keamanan, dan kepala Sub Seksi Bantuan Hukum dan Pelayanan serta seluruh Pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Makassar. 

"Harapan kami adalah warga Binaan setelah menjalani hukuman selain dapat diterima juga membawa pulang oleh-oleh yaitu Ilmu Agama dan Alquran sebagai Bekal Dunia Akhirat," ujar Mujiarto selaku Ka. Rutan 1 Makassar. 

Wisuda Akbar 4 kali ini  menjadi spesial karena dirangkaikan Peringatan Maulid dan Lomba menghias Telur antar Blok, Serta Taushiyah Hikmah Maulid Oleh Ust. Asri Hidayat, MA dan sebagai bintang tamunya adalah Hafizahah Cilik Tuna Netra yaitu Kayla yang menjadi Peserta Hafiz Cilik Trans 7, sekaligus akan diserahkan sertifikat Piagam Wisuda dari Kepala Kementrian Agama Kota Makassar, dan akan dilaksanakan pula penandatanganan MoU kerjasama Dakwah dengan beberapa lembaga yaitu FPI Makassar, Unismuh Makassar, Al-Ihsan Gowa dan Arimatea. (p/ab)