Wisata murah ke Sabang?! Bisa kok!!

By Admin

nusakini.com - Mungkin masih banyak dari para wisatawan domestic yang beranggapan bahwa wisata ke negara tetangga itu lebih murah dari pada wisata didalam negri sendiri. Tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar karena ada banyak trik untuk mensiasati budget liburan anda. Dan berikut adalah informasi tempat wisata yang memiliki pemandangan yang indah, bersih, aman, dan murah, yaitu Sabang.

Kota Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia yang berupa kepulauan di seberang utara Pulau Sumatera, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar.

Untuk mencapai kesini yang paling mudah ialah melalui Banda Aceh, Ibukota Aceh, tips untuk menghemat budget, anda bisa menggunakan low cost airlines. Dari sini, kita masih harus melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Ulee Lheue untuk menyebrang ke pelabuhan Balohan Kota Sabang dengan menggunakan kapal cepat ML. Express Bahari selama 45 menit dengan kisaran harga 75ribu (kelas ekonomi, 85ribu (kelas eksekutif), dan 105ribu (kelas VIP).

Kapal biasanya berangkat dua kali dari Banda Aceh yaitu pukul 09.30 dan 16.00 sore. Untuk kelas VIP anda dapat tidur nyenyak selama perjalanan atau berkaraoke, sedangkan untuk kelas ekonomi atau eksekutif anda bisa naik ke atas geladak kapal untuk menikmati pemandangan laut lepas.

Selain menggunakan kapal cepat adapula alternatif dengan menggunakan kapal lambat dengan harga hanya 25ribu saja selama 2 jam, dan berangkat dua kali yaitu pukul 11.00 dan 16.00.

Setelah sampai di pelabuhan Balohang, anda sudah bisa memulai petualangan anda di kota sabang. Berikut beberapa lokasi wisata yang perlu anda jelajahi selama di Kota Sabang:

1. Tugu Nol Kilometer Sabang
Tugu 0 Kilometer ini merupakan landmark Kota Sabang yang merupakan titik awal untuk menghitung luasnya Indonesia.

2. Pantai Iboih
Pantai Iboih ini adalah pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan luar maupun lokal karena pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang bisa dinikmati dengan diving, snorkeling, atau dari glass bottom boat (perahu kaca). Biaya sewa kapal sekitar 200ribu dan bisa menampung sekitar 10 orang.

3. Pulau Rubiah
Lokasi pulau Rubiah tidak terlalu jauh dari pantai Iboih, hanya sekitar 250 meter. Pulau ini merupakan surga bawah laut bagi para pecinta diving. Dengan air laut yang sangat jernih anda dapat melihat kebawah laut sampai dengan kedalamat 10-15 meter dan di perairan yang dangkal anda dapat menikmati keindahan terumbu karang serta ikan hias yang berenang dengan bebas.

4. Pantai Sumur Tiga
Pantai ini merupakan objek wisata pantai lainnya yang ada di Kota Sabang. Daerah ini mirip dengan pantai Iboih karena memiliki banyak cafe dan penginapan disekitarnya. Keindahan yang ditawarkan di pantai ini adalah langit biru, air laut yang jernih, dan juga pasir putih yang terhampar sepanjang pantai.

5. Pantai Kasih
Letaknya berada diketinggian Kota Sabang. Di tempat ini anda dapat menikmati sunset yang akan terbenam dalam waktu yang cukup lama.

Untuk memilih penginapan, sebaiknya anda tentukan dahulu lokasi yang anda ingin jelajahi. Jika tujuan anda untuk wisata pantai anda bisa mencari penginapan di sekitar pantai Iboih atau pantai sumur tiga. Tetapi apabila anda suka dengan keramaian anda bisa memilih penginapan di pusat Kota Sabang. Harga penginapan di Sabang pun sangat bervariatif, jadi anda bisa memilih penginapan seauai dengan budget anda.

Dan untuk transportasi selama di kota sabang, anda bisa menggunakan becak dengan kisaran 20-50ribu tergantung tujuannya atau bisa juga dengan menyewa mobil atau pun motor.

Apabila anda ingin lebih menghemat budget lagi, bepergianlah dengan teman-teman anda supaya bisa sharing pengeluaran seperti penginapan, transportasi, dan lainnya.

Ayo jalan-jalan, kenali dan cintai negeri Indonesia! (fn)