Wiraswasta Sosial Muda Indonesia Dobrak Pasar Korea Selatan

By Admin

nusakini.com--Seoul International Handmade Fair 2018 (SIHF) yang dilaksanakan di Art Hall, Dongdaemun Design Plaza, Seoul mulai 24 - 29 Mei 2018 memamerkan berbagai produk kerajinan tangan tidak hanya dari Korea, namun juga kerajinan tangan dari berbagai negara lain. Salah satu yang berhasil mencuri perhatian adalah hasil karya anak-anak muda Indonesia.  

Ya, wiraswasta sosial Indonesia dari Du’Anyam dan Sekolah Seniman Pangan Flores terpilih oleh Work Together (WT) Foundation untuk mengikuti ajang Seoul International Handmade Fair 2018.  

Ms. Myunghee Lee, manajer Kerjasama Internasional WT melihat kedua wiraswasta sosial tersebut sejalan dengan tujuan WT. Organisasi Korea tersebut mempunyai visi menumbuhkan masyarakat berkelanjutan, mencari solusi atas polarisasi sosial dan mendukung wiraswasta sosial serta penciptaan pekerjaan di Korea.  

Melia Winata, co-founder dan ketua marketing Du’Anyam bertutur bahwa perusahaannya memproduksi dan mendistribusi berbagai kerajinan anyaman dalam negeri untuk tujuan pemberdayakan perempuan dan perbaikan kesehatan para ibu hamil dan anak-anak di Indonesia.  

Kali in Du’Anyam membawa berbagai kerajinan anyaman dari ibu-ibu di Larantuka, Nusa Tenggara Timur seperti tempat kartu nama, tas, keranjang, dan kotak perhiasan dengan berbagai ukuran.  

Lain lagi cerita Ferdinadus Watu atau Nando, seniman pangan dari Flores, Nusa Tenggara Timur ini menggembleng anak-anak muda di daerahnya untuk menjadi pengusaha pangan berkualitas premium dengan menggunakan pendekatan creative food/food-preneurship. 

Sekolah Seniman Pangan, tempat Nando berkarya merupakan besutan JAVARA ACADEMY start-up incubator dan business services, membantu para petani mempromosikan berbagai macam panganan seperti wedang uwuh, terasi, sambal kecombrang, keripik kelapa, selai kacang, madu asli dan kerajinan lainnya untuk dipamerkan dalam SIHF 2018.  

Partisipasi Nando dan Melia, kedua wiraswasta sosial muda ini, tentunya dapat membuka pasar Korea Selatan selebar-lebarnybagi kerajinan tangan, produk pangan dan produk-produk pengusaha muda Indonesia lainnya. (p/ab)