nusakini.com - PT Waskita Karya Tbk bakal menperoleh suntikan modal sebesar Rp 15 triliun untuk menggarap lanjutan proyek tol Jawa. Suntikan tersebut berasal dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan Dana Pensiun dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Total investasinya Rp 70 triliun (untuk seluruh pekerjaan di ruas tol Trans Jawa yang dikerjakan perusahaan), tapi partisipasi dari Dana Pensiun dan SMI itu Rp 15 triliun untuk modalnya, jadi menutupi kekurangan modal yang dimiliki oleh Waskita," ungkap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/10/2016). 

Bambang mengatakan kesepakatan pembiayaan atau financial close akan ditandatangani dalam waktu dekat. Bambang meyakini proyek akan segera dimulai dan diselesaikan lebih cepat. 

"Mudah-mudahan financial close-nya bulan depan, jadi bisa langsung konstruksi," imbuhnya. 

Bambang menyatakan, pembiayaan dari dana pensiun sangat dibutuhkan untuk pembangunan proyek infrastruktur. Ini adalah langkah percepatan yang dilakukan pemerintah. 

"Ini salah satu cara mempercepat infrastruktur dan mempercepat masuknya investor masuk Indonesia, baik asing maupun domestik," jelas Bambang.(p/mk)