Warna-Warni Sutra Makassar Semarakkan Pesta Sambut Musim Panas di KBRI Madrid

By Admin

nusakini.com--Halaman KBRI Madrid pekan lalu terlihat sangat cantik dan semarak, dipenuhi oleh warna-warni kain sutra Makassar yang dikenakan oleh seluruh pendukung acara dan panitia serta dekorasi payung dan kipas Makassar yang memenuhi halaman KBRI.

KBRI Madrid menyelenggarakan kegiatan tahunan "Bazar Solidario Indonesia" (Bazar Solidaritas Indonesia). Bazar yang telah berlangsung sejak tahun 1997 tersebut pada edisi 2016 ini menampilkan daya tarik pariwisata Makassar, dengan tema "Makassar, everyday is your best time".

Rangkaian kegiatannya antara lain pertunjukan tari dan musik, seni bela diri Pencak Silat, peragaan busana tradisional Bugis, penjualan aneka makanan dan minuman tradisional Indonesia, lelang barang, penjualan lotere, pernak-pernik kerajinan batik, tenun, ikat, tembikar, ukiran dan asesoris Indonesia, serta foto suvenir berbusana daerah Bugis. 

10% dari hasil penjualan makanan dan barang serta 100% dari hasil penjualan lotere dan lelang barang, disumbangkan kepada lembaga sosial Fundacion Reina Sofia (Yayasan Ratu Sofia), lembaga sosial yang dipimpin oleh Ratu Sofia, Madrid. 

Bazar dibuka oleh Duta Besar RI Yuli Mumpuni Widarso, didampingi oleh Ir. Moh. Ramdhan Pomanto Walikota Makassar dan Mr. Jose Luis Nogueira Guastavino, Direktur Fundacion Reina Sofia. 

Dubes Yuli Mumpuni Widarso menyampaikan bahwa pemilihan Makassar sebagai tema promosi Bazar 2016 antara lain dilatar belakangi oleh kebijakan Pemerintah RI dewasa ini yang memfokuskan pembangunan pada pengembangan potensi maritim Indonesia. Makassar sebagai kota maritim dan pintu gerbang Indonesia Bagian Timur yang sejak abad 14 telah mempunyai hubungan dagang dengan armada dagang rempah Spanyol yang singgah di pelabuhan Makassar perlu dipromosikan di Spanyol. 

KBRI Madrid berterima kasih kepada Pemerintah Kota Madya Makassar yang telah menanggapi dengan positif dan mengirimkan tim kesenian, chef kuliner tradisional Makassar dan pengurus Dekranas Daerah Makassar. Disampaikan pula bahwa selain untuk mempromosikan daya tarik pariwisata Makassar, Bazar ini juga dimaksudkan untuk mengumpulkan dana solidaritas yang akan disumbangkan kepada lembaga sosial yang pada tahun 2016 ini akan disumbangkan kepada Fundacion Reina Sofia di Madrid. 

Tari Kallabirang, Tari Gandrang Bulo, Tari Kalompoanna Parasanganta, Tari Angin Mamiri, Tari Ongkona Sidenreng, attraksi Paraga Sepak Takraw, Angklung, seni bela diri Pencak Silat, Tari Saman, Jaipong, dan Gamelan serta peragaan busana tradisional Bugis yang menampilkan warna – warni sutera Makassar telah ditampilkan oleh Tim Kesenian Kota Madya Makassar, anggota DWP KBRI Madrid, Staf KBRI Madrid, anggota diaspora Indonesia "Keluarga Cinta Indonesia" (KCI) dan "MADRID Gamelan", serta anggota PPI Madrid. 

Di area foodstahl, 35 stand makanan menyajikan aneka ragam kuliner Nusantara, seperti coto Makassar, sop conro, sop saudara, iga bakar, pisang epe, onde, cucur bayao, biji nangka, sate ayam dan kambing, nasi goreng, soto ayam, gado-gado, siomay, bakso, bakwan Malang, mi ayam pangsit, lontong sayur, bubur ketam hitam, rujak buah dan aneka makanan ringan seperti pastel, tempe mendoan, rempeyek, lumpia, martabak asin, cilok, cireng, lemper, risoles, tempe - tahu goreng, arem-arem, bakwan jagung, gemblong, puding coklat, dan aneka minuman seperti es palung butung, es cendol, es teler dan es agar-agar.

Selain itu juga terdapat satu stand Kopi Indonesia yang bersama dengan hidangan lainnya disantap habis oleh para pengunjung yang dalam dua hari Bazar mencapai 3575 orang, jumlah tertinggi sejak diselenggarakannya Bazar 17 tahun yang lalu. 

Para pengunjung antara lain dari kalangan pejabat pemerintah, Korps Diplomatik, pengusaha, alumni beasiswa Indonesia, media massa, kalangan universitas, institusi budaya, federasi olahraga, LSM serta masyarakat Indonesia yang berdomisili di Madrid maupun yang di kota - kota lain seperti Murcia, Valencia, Alicante, Sevilla, Bilbao, Segovia dan Barcelona. 

Kemeriahan Bazar ditutup dengan tari Poco-poco oleh seluruh pengunjung, dan pengocokan lotere berhadiah memperebutkan 39 hadiah sumbangan dari 40 perusahaan Indonesia dan Spanyol, antara lain PT Garuda Indonesia, PT Pertamina, Airbus Group, Repsol, Real Madrid Fundacion, La Liga, Indofood, Gas Natural Fenosa, Centunion, Gredos San Diego, El Corte Ingles, Cortefiel, Hotel Intercontinental Madrid, Hotel Melia International, Hotel Extegana Bilbao, Hotel Dharmawangsa, perusahaan mobil BMW dan Mercedez.

Hadiah yang ditunggu-tunggu adalah tiga lembar tiket pesawat terbang Madrid – Jakarta pp sumbangan dari PT Garuda Indonesia dan PT Pertamina serta Jakarta – Makassar pp sumbangan dari Pemerintah Kota Madya Makassar. (p/ab)