Warga Tanjung Duren Dirikan Taman Bacaan Kampung Sekretaris

By Al


nusakini.com - Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memacu minat baca anak-anak. Salah satunya seperti Komunitas Warga Sekretaris yang berinisiatif mendirikan Taman Bacaan di Jalan Sekretaris, RT 15/07, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Andi Nurcahyadi (36) salah satu Penggas Taman Bacaan Kampung Sekretaris mengatakan, taman bacaan ini didirikan untuk membangkitkan minat baca sekaligus wadah kegiatan belajar mengajar.

"Taman bacaan ini baru dibuka kemarin. Ini merupakan swadaya dari masyarakat untuk meningkatkan minat baca anak anak di sini," ujarnya, Senin (1/7).

Ia menyebutkan, taman bacaan ini didirikan di aula musala dengan jumlah koleksi buku mencapai 400 eksemplar. Koleksi buku paling banyak mengenai dongeng cerita rakyat seperti malin kundang, putri keong mas, sangkuriang dan sebagainya.

"Diharapkan dengan sering membaca dan mendengarkan dongeng, anak-anak akan semakin tertarik dan menimbulkan minat baca," katanya.

Andi menambahkan, selain swadaya masyarakat, koleksi buku di taman bacaan ini juga berasal dari sumbangan Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jakarta Barat.

"Taman bacaan ini buka mulai pukul 09.00-17.00. Siapa aja bisa bisa memanfaatkan ini. Bagi yang ingin menyumbang kami sangat terbuka," tandasnya.(pr/kj/al)