Warga Apresiasi Pengoperasian Dua Jak Lingko di Terminal Rambutan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Warga Jakarta Timur mengapresiasi dioperasikannya dua angkutan umum Jak Lingko di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.  

"Setiap pulang ke rumah di kawasan Bulak Sereh, Cibubur harus dua kali naik angkutan kini dengan keberadaan Jak Lingko hanya sekali naik dan masih gratis," tutur Badriah (49), salah seorang penumpang Jak Lingko, Jumat (2/8).

Ramdani (57), salah seorang supir angkutan Jak Lingko mengaku, senang dengan "narik" Jak Lingko. Sebab, jika dibandingkan dengan yang sebelumnya, pendapatannya bisa dua kali lipat.

"Asal fisiknya kuat saja, di sini trayeknya bagus, penumpang selalu banyak silih berganti di sepanjang jalan," imbuhnya.

Sementara, Kepala Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan, saat ini memang sudah dioperasikan dua Jak Lingko. Penumpang harus memiliki Kartu Jak Lingko yang dijual di operator seharga Rp 30 ribu dengan saldo Rp 10 ribu. Namun saat ini saldo tidak akan berkurang karena masih uji coba dan gratis.

Menurutnya, jam operasional Jak Lingko ini mulai dari pukul 05.00 hinga 22.00. Untuk dapat naik Jak Lingko, lokasi mangkalnya di Terminal Dalam Kota. Tepatnya di samping Halte Transjakarta dan ruang tunggu penumpang. 

Jumlah armada dua trayek ini baru 42 armada dan kemungkinan akan ditambah lagi sesuai kebutuhan. Rutenya menjangkau perkampungan dan tak bersinggungan dengan angkutan lain.

"Jak Lingko ini baru uji coba kita belum tahu sampai kapan uji cobanya. Yang jelas saat ini masih gratis dan penumpangnya sangat banyak setiap harinya," kata Thofik.

Ia menjelaskan, saat ini di Terminal Kampung Rambutan tersedia dua Jak Lingko, yaitu Jak 38 jurusan Rambutan - Bulak Ringin, Cibubur. Rutenya meliputi Jl Baru, Jl Penganten Ali Ciracas, Jl Hidayah, Jl PKP dan masuk ke Jl Cibubur 1. 

Kemudian melintasi Jl Lapangan Tembak dan masuk ke Jl Cibubur II atau depan kelurahan Cibubur.

Selanjutnya, Jak 06, jurusan Kampung Rambutan - Pondok Gede. Rutenya meliputi Jl Baru, Jl Mabes Hankam, Jl Raya Setu, Sajim, TMII Pintu 3, pertigaan Cedang, Masjid Al Barokah.

"Kemudian Rawa Binong, Jl Kramat I, II, III, Jl Lubang Buaya dan Jl Raya Pondok Gede," tandasnya.