Wapres: Masjid Juga Harus Memakmurkan Masyarakat

By Admin

nusakini.com--Selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, masjid memiliki fungsi kemasyarakatan yang sangat luas, fungsi dakwah, fungsi kesejahteraan masyarakat juga pendidikan. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengataka, selain kita harus memakmurkan masjid, masjid juga harus memakmurkan masyarakat. 

"Masjid harus kita makmurkan, memakmurkan masjid mempunyai makna beragam, makna utamanya tentu kita harus rajin menjalankan fungsi-fungsi ibadah, itu memakmurkan. Tetapi masjid juga harus memakmurkan masyarakat, yaitu dengan fungsi pendidikannya, fungsi ekonomi, dakwahnya, dan fungsi itu berjalan sesuai dengan zamannya," kata Wapres saat menghadiri Milad Masjid Istiqlal ke-39, Rabu (22/2). 

Dikatakan Wapres, dahulu masjid juga selain digunakan untuk menyusun strategi perang, pengobatan dan lainnya, tapi juga bagaimana menggerakkan masyarakat dalam pengertian pendidikan, ekonomi dan lainnya. 

"Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memakmurkan masyarakat di samping kita memakmurkan masjid," ucap Wapres yang juga mendorong agar masyarakat memelihara masjid dengan rasa tanggungjawab yang baik. 

Dalam perayaan Milad Istiqlal ke-39 ini, wapres juga berharap agar Istiqlal harus memberi contoh bagi masjid lainnya dari fungsi ibadah, sosial, pendidikan, dan lainnya . 

"Istiqlal harus beri keteladanan," harap wapres yang juga mendorong agar setiap masjid memiliki pedoman (khutbah) yang sejuk bagi masyarakat. 

Wapres dalam kesempatan tersebut, disaksikan Menag Lukman Hakim Saifuddin, Mendikbud Muhajir Efendi, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan Ketua Badan Pengelola Istiqlal M. Muzammil Basyuni meresmikan Mushaf Akbar Al-Quran ditandai dengan memberi harakat pada ayat suci Al-Quran Surat Al-Faatihah. (p/ab)