Wapres Kalla Pimpin Delegasi RI di KTT ASEM ke-11

By Admin

nusakini.com--Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, beserta Ibu Hj Mufidah Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja ke Ulan Bator, Mongolia untuk menghadiri KTT Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-11. KTT ASEM ini akan berlangsung pada 15-16 Juli 2016 dan akan menghasilkan 2 (dua) dokumen utama yaitu Chair's Statement dan Ulaanbaatar Declaration. Dalam lawatannya, rombongan Wakil Presiden didampingi oleh Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir. 

Wakil Presiden RI diagendakan untuk menyampaikan pidato pada sesi Pleno 2 yang bertema Promoting ASEM Partnership for Greater Connectivity Jumat (15/7)

Keesokan harinya,  Wakil Presiden RI akan mengikuti sesi Retreat yang bertema "Enhancing The Three Pillars of ASEM", yang dilanjutkan dengan Upacara Penutupan KTT ASEM ke-11 di ASEM Village. 

Di sela-sela KTT ASEM, Wakil Presiden RI juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Kepala Negara, di antaranya Presiden Republik Siprus, Perdana Menteri Ceko, Perdana Menteri Estonia, Perdana Menteri Kerajaan Belanda, Presiden Mongolia, serta Presiden Myanmar. Wakil Presiden RI beserta rombongan direncanakan kembali ke tanah air pada Minggu (17/7).

Asia-Europe Meeting adalah forum yang melibatkan 53 negara-negara di kawasan Eropa dan Asia. Forum ini memiliki tiga pilar, yaitu politik, ekonomi dan sosial budaya. Pertemuan antar-kepala pemerintahan/negara (KTT) diadakan setiap dua tahun (sejak 1996), dengan tempat saling bergantian antara Eropa dan Asia. (p/ab)

 ​