Wapres JK: Persoalan Tak Akan Selesai Bila Tak Hargai Perbedaan

By Admin


nusakini.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-13 di Istanbul, Turki. Konferensi ini membahas terkait upaya negara-negara Islam dalam menyelesaikan permasalahan di negara-negara anggota OKI, terutama konflik-konflik yang telah terjadi.

Dalam kesempatan ini, Wapres JK memberi poin khusus tenyang pentingnya setiap negara Islam untuk saling menghargai perbedaan yang ada. Dengan demikian, setiap permasalahan dapat terselesaikan. 

"Kalau tidak saling menghargai perbedaan ya ndak bisa selesai persoalannya. Jadi janganlah kita perbedaan itu menjadi konflik tapi menjadikan kita kuat. Dan juga ya mari kita menyelesaikan dulu cepat ini perbedaan-perbedaan paham antara negara-negara anggota OKI ini, baru bisa kita membangun lebih baik," kata JK di Istanbul, Turki, Kamis (14/4/2016). 

JK mencontohkan, perbedaan ideologi agama sebaiknya tidak menyebabkan timbulnya berbagai masalah. Setiap permasalahan yang ada, kata JK, seharusnya tidak diselesaikan dengan kekerasan. Selain itu, masalah ketidakadilan juga harus segera diselesaikan, sebab merupakan akar dari berbagai masalah yang terjadi.  

"Kenapa itu terjadi, kan terjadi ketidakadilan yang begitu besar di sini. Dan terjadi yang paling besar itu kegagalan negara akibat inflasi dari negara besar, Amerika, Rusia semua begitu, inti masalahnya begitu," kata JK. (mk)