Wamenlu RI: Indonesia Senantiasa Dukung Keanggotaan Timor-Leste di ASEAN

By Admin

nusakini.com-- "Indonesia senantiasa mendukung keanggotaan Timor-Leste di ASEAN, dan terus mendorong negara anggota ASEAN untuk mengundang Timor-Leste berpartisipasi dalam meningkatkan pembangunan kapasitas Timor-Leste menuju keanggotaannya di ASEAN," ujar Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, Duta Besar A.M. Fachir, saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama (Wamenluker) Timor-Leste, Roberto Sarmento De Oliveira Soares, di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (1/9). 

Wamenlu Fachir menyampaikan pula berbagai isu yang menjadi komitmen kepala negara yaitu masalah peningkatan ekonomi, investasi, dan penyelesaian secara cepat dan terukur perbatasan darat dan maritim kedua negara. Untuk itu, Wamenlu Fachir menilai bahwa kedua Wakil Menteri Luar Negeri seyogyanya dapat meningkatkan koordinasi agar mempercepat komitmen yang disepakati kedua kepala negara. 

Dalam pertemuan tersebut, secara khusus Wamenluker Soares menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Indonesia yang terus memberikan dukungan dalam berbagai kerja sama di tataran politik, ekonomi dan sosial budaya. "Hubungan Indonesia dan Timor-Leste saat ini dalam tingkat yang luar biasa (extraordinary)," ujar Wamenluker Soares. 

Keduanya juga membahas isu-isu lainnya seperti kerja sama di bawah kerangka Trilateral Timor-Leste, Indonesia, dan Australia, serta upaya mendorong diplomasi ekonomi melalui kehadiran pengusaha Timor-Leste dalam kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) bulan Oktober 2016 mendatang.(p/ab)