nusakini.com-Jakarta-Wali Kota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi sangat prihatin bila melihat kondisi permukiman warga di Jakarta Barat, termasuk lingkungan warga RT 13/1, Tanjung Duren Selatan. 

“Kalo lihat gambarnya, ini bukan bedah rumah. Tapi perbaikan total rumah. Kondisi ini tak hanya ada di sini (Tanjung Duren Selatan-red) tapi banyak seperti ini di Jakarta Barat. Saya sangat miris. Lebih ironis lagi, kondisi ini berdekatan dengan hunian apartemen, pusat perbelanjaan termegah dan perkantoran,” tuturnya sesaat meresmikan bedah rumah Neneng, warga RT 13/1, Tanjung Duren Selatan, Kamis (14/2)siang. 

Ia mengajak masyarakat untuk peduli kepada warga kurang mampu. Bantu mereka secara bergotong royong. Sekecil apa pun bantuan yang diberikan, tentunya sangat berarti. “Misalnya, total bantuan untuk membangun senilai 60 juta. Dari Bazis Jakarta Barat dapat Rp 50 juta, sisanya Rp 10 juta dari masyarakat. Secara matematis, bila warga yang tinggal di RW 13, ini berjumlah 1000 jiwa, maka setiap warga bisa membantu Rp 60 ribu, saja.Syukur-syukur di sini banyak orang mampu. Sehingga tidak melulu bantuan itu sepenuhnya dari pemerintah,”ujar Rustam. 

Menurutnya, Bazis Jakarta Barat menyalurkan bantuan program bedah rumah sebanyak 56 rumah di Jakarta Barat. Setiap rumah mendapatkan bantuan dana Rp 50 juta. Sehingga total dana yang dikeluarkan kurang lebih Rp 5,8 miliar. 

Program bedah rumah ini bukanlah menjadi satu-satunya kegiatan Bazis Jakarta Barat. Selain bedah rumah, Bazis Jakbar juga menyalurkan bantuan untuk marbot, guru ngaji, yatim piatu, kaum duafa, beasiswa, pelatihan-pelatihan dan sebagainya. Bazis juga menyalurkan bantuan kemanusian untuk korban bencana, seperti bencana kebakaran, dan tsunami.  

Dalam kesempatan itu, Rustam juga menyampaikan pesan kepada Neneng, agar memanfaatkan dan merawat rumahnya. “Satu lagi, saya minta kepedulian masyarakat agar membantu beliau memiliki mata pencaharian. Tempati rumah ini dengan baik, dan nyaman,” tambahnya.  

Ketua RW 01, Tanjung Duren Selatan, Syamsudin memberikan apresiasi kepada Pemkot Jakarta Barat, khususnya Bazis Jakarta Barat, yang telah memberikan bantuan dana bedah rumah Neneng. “Dalam kesempatan ini, kami ucapkan terimakasih kepada Bazis dan masyarakat yang telah membantu kelancaran program bedah rumah ini,” ujarnya.  

Peresmian bedah rumah Neneng ini ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng serta pengguntingan pita. Selanjutnya, Wali Kota Jakarta Barat, H Rustam Effendi didampingi Kepala Bazis Jakarta Barat, Dedi Santosa, serta Asisten Adkesra, Yunus Burhan, meninjau rumah Neneng. (p/ab)