Wagub Sulsel Lepas Kontingen BIMP-EAGA Friendship Games

By Admin


nusakini.com-Makassar-Kontingen (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipina East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Friendship Games yang ke-10 resmi dilepas oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di ruang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di area Kantor Gubernur Sulsel, Senin (3/12).

Wagub Andi Sudirman mengatakan kegiatan ini merupaakan olahraga persahabatan yang mengedepankan silaturahmi.

"Selain olahraga juga tentang kerja sama di bidang perdagangan, mereka sering mengimpor beras dari Thailand dan Kamboja, sedangkan kita surplus beras di Sulsel, tetapi lebih banyak olahraga," ucap Wagub.

Sementara itu, Kepala Bappeda Jufri Rahman yang juga Chairman BIMP-EAGA Sport Council periode 2018-2020 menjelaskan memperoleh undangan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam atas perintah langsung Sultan Hassanal Bolkiah untuk mengundang Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memimpin Delegasi Sulsel.

Sementara itu, sejumlah olahraga yang dipertandingkan seperti Sepak Takraw, Wushu, Akuatik, Karate, Pencak Silat dan Boling Padang (Boling Lapangan).

"Untuk Boling Padang kita tidak ikut, karena biasanya itu untuk negara-negara Persemakmuran," Jelas Jufri.

Sedangkan khusus olahraga bela diri, yang dipertandingkan menurut Jufri bukan kategori secara fisik tetapi lebih kepada seni karena bersifat silaturahmi. 

Sekedar diketahui kontingen Sulsel akan berlaga pada pelaksanaan The 10Th BIMP-EAGA Friendship Games yang digelar di Brunei Darussalam mulai 7 hingga 9 Desember 2018 mendatang. (p/ab)