Wagub Sulsel Dorong Santri Millenial Mandiri untuk Beternak

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri acara Forum Organisasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan se-Sulsel yang digelar di Hotel Arthama Makassar, Kamis (21/3). 

Wagub Andi Sudirman Sulaiman dalam ambutannya mengatakan jika saat ini program Kementerian Pertanian melalui Provinsi dan kabupaten/kota berupa pemberian bantuan peternakan untuk santri millennial. Bantuan ini disesuaikan dengan lahan dan diberikan bantuan berupa peternakan disesuaikan juga lahan dan sumber dayanya. 

"Di Sulsel sendiri ada 90an Pesantren karena pesantren ini juga memiliki lahan sendiri dan bagaimana mereka ini untuk kemandirian itu di bidang peternakan," ucap Andi Sudirman. 

Selain itu, Andi Sudirman juga mengaku akan mendorong ketersediaan stok untuk kebutuhan daging.  

"Beberapa kota juga kita sudah suplai seperti Palu, Kalimantan dan menyuplai daging dan semacamnya, bagaimana kita jadi lumbung di Sulsel," tambahnya. 

Terkait program ini, Wagub berharap dilakukan study kelayakan terlebih dahulu untuk memastikan lokasinya.  

Sementara, Kepala Dinas Peternakan Sulsel, H. Abd. Aziz mengaku sudah melakukan study kelayakan untuk Rumah Pemotongan Hewan (RPH) seperti di daerah Seko dan Rampi. 

Turut hadir dalam acara ini, Ketua DPW Ikatan Pesantren Indonesia se-Sulsel Muhammad Iqbal Djalil dan Kadis Peternakan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan. (p/ab)