Wagub Minta Pejabat tetap Tanggap Atasi Genangan

By Admin


nusakini.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengingatkan pejabat di lingkungan pemprov, mulai dari lurah, camat, wali kota hingga kepala Dinas Sumber Daya Air, untuk tetap tanggap mengatasi genangan akibat hujan yang masih berlangsung saat ini.


Kepada lurah, camat dan wali kota, wagub meminta agar selalu rutin mengecek saluran air di lingkungan masing-masing.  


"Saluran-saluran air tolong tetap dikontrol agar genangan bisa diminimalisir," ucap Djarot.


Untuk mengurangi genangan yang timbul akibat curah hujan yang tinggi, kata Djarot, Dinas Sumber Daya Air juga harus menyiagakan pompa air mobile. Pompa tersebut bisa digunakan menyedot air yang menggenangi wilayah tertentu yang letak lokasinya cekung.‎


"Ada beberapa titik yang surutnya lamban, tapi enggak sampai satu hari juga. Nah, pompa mobile ini di situlah fungsinya," kata Djarot.


Selain itu, Djarot juga meminta Dinas Sumber Daya Air untuk lebih meningkatkan pengoperasian alat berat di waduk-waduk yang ada di Jakarta.


Waduk, ucap Djarot, menjadi salah satu tempat pembuangan air ketika genangan terjadi di Ibukota. Karena itu, alat berat bisa difungsikan untuk mengeruk sedimentasi lumpur sekaligus memaksimalkan volume air di waduk.(pr/kj/al)