Visa Jemaah Haji Jateng dan Yogya Gelombang Pertama Sudah Selesai

By Admin

nusakini.com-- Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori mengatakan bahwa visa bagi jamaah haji asal Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang akan diberangkatkan pada gelombang pertama sudah selesai. 

"Untuk gelombang pertama sudah selesai visanya, karena gelombang pertama cuma 13.700-an," ujar Ahda, Senin (8/8). 

Menurut Ahda, berdasarkan data yang sudah masuk, kuota haji Jateng berjumlah 23.717 orang, sedangkan DIY 2.474 orang. Total jemaah asal Jateng dan DI Yogyakarta yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo (SOC) berjumlah 26.191. 

"Jemaah yang sudah keluar visa; untuk Jateng 15.570 orang, dan DIY 2.463 orang sehingga totalnya 18.031," jelas Ahda. Artinya, jemaah asal Jateng dan DIY yang belum keluar visanya sebanyak 8.160 orang. Mereka adalah calon jemaah haji yang akan berangkat pada gelombang kedua. 

Meski demikian, Ahda mengakui bahwa ada beberapa anggota jemaah gelombang pertama yang berasal dari penggabungan (mahram, suami/istri atau anak/orang tua). Mereka melakukan pelunasan pada tahap kedua, sehingga ada yang belum keluar visanya. "Tetapi jumlahnya tidak seberapa dan itu pun insya Allah bisa diatasi," katanya. 

Sebelumnya diberitakan bahwa ribuan calon jemaah haji asal Jateng dan DIY yang akan diberangkatkan pada gelombang pertama melalui embarkasi Solo belum mendapat visa. Disebutkan bahwa berdasarkan hasil laporan yang diterima Bagian Humas Embarkasi Solo, total 9.124 calon jemaah haji asal Jateng dan DIY belum mendapatkan visa karena masih dalam proses penyelesaian oleh petugas PPIH di pusat. (p/ab)