Visa Jemaah Haji Gelombang Pertama Sudah Siap

By Admin

nusakini.com--Musim haji segera dimulai. Kloter pertama jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan secara bertahap melalui 13 embarkasi. Pemberangkatan gelombang pertama mulai 28 Juli – 11 Agustus 2017, disusul gelombang kedua pada 12 – 26 Agustus 2017. 

“Visa jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama sudah selesai semua. Total 102.663 jemaah gelombang pertama, visanya sudah diterbitkan Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA),” ujar Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji M Sofwan di Jakarta, Sabtu (22/07). 

Menurut Shofwan, sampai dengan Jumat sore, visa yang diterbitkan KBSA sudah mencapai 108.275. Angka ini masih akan terus bertambah mengingat paspor yang sudah berada di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk diproses visanya di KBSA mencapai 191.838. 

“Kami secara bertahap terus mengirim paspor dan pemaketan layanan jemaah yang sudah siap ke KBSA untuk segera diterbitkan visanya. Dari yang sudah berjalan, rata-rata dalam satu hari proses penerbitan visa bisa mencapai 10ribu,” katanya. 

Shofwan mengaku optimis pengurusan visa tahun ini berjalan lancar dan seluruhnya akan terbit sesuai jadwal. “Saya berharap pengurusan visa berjalan lancar dan tidak ada persoalan terkait visa yang harus dialami jemaah,” tambahnya. 

Total kuota jemaah haji Indonesia tahun ini adalah 221.000, terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus. Jika yang sudah terbit adalah 108ribu, berarti masih ada 96ribuan visa jemaah yang masih dalam proses. 

“Masih cukup waktu dan semoga semuanya lancar dan sesuai target,” harap Shofwan. 

“Jelang keberangkatan, kami juga sedang memastikan persiapan, khususnya untuk lima kloter pertama di semua embarkasi sudah fix semua, sehingga tidak ada kursi yang kosong dan seluruh jemaah siap diberangkatkan,”sambungnya. 

Gelombang pertama akan terbang menuju Madinah untuk menjalani ibadah Arbain selama 8 – 9 hari. Setelah itu, mereka secara bertahap diberangkatkan menuju Makkah untuk menjalani proses ibadah haji.  

Gelombang kedua akan terbang menuju Jeddah lalu ke Makkah. Mereka baru akan diberangkatkan ke Madinah setelah menjalani ibadah haji.(p/ab)