Via Melbourne, Oli Indonesia Akan Tembus Pasar Australia

By Admin

nusakini.com-- “Saat ini kami sudah memiliki distributor produk PT. Pertamina Lubricants di Australia, yang berbasis di Melbourne. Untuk lebih menguasai pasar, kami akan secara resmi membuka kantor perwakilan PT. Pertamina Lubricants di Sydney pada Jumat, 2 Maret 2018," ujar Afandi Anwar, Direktur Utama PT. Pertamina Lubricants, dalam pertemuannya dengan Konjen RI Melbourne, Spica A. Tutuhatunewa, yang didampingi oleh Konsul Zaenal Arifin, di KJRI Melbourne.

Konjen RI Melbourne mendukung pembukaan kantor perwakilan PT. Pertamina Lubricants dimaksud dan menyampaikan bahwa hal ini akan semakin memperkuat pemasaran produk Indonesia di Australia yang selama ini selalu diperjuangkan oleh KJRI Melbourne sebagai suatu bentuk kongkrit diplomasi ekonomi. Peluang ekspor akan terbuka lebih besar, dan akan meningkatkan neraca perdagangan bagi Indonesia. Keberhasilan tersebut bukan hanya menjadi kepentingan pemerintah Indonesia, karena menghasilkan mutual benefit bagi business juga (BUMN dan distributor). 

Sejak tujuh tahun yang lalu Layser Green Mountain Pty. Ltd telah beroperasi dari Melbourne sebagai distributor oli Fastron untuk pasar Australia, terutama wilayah Victoria dan New South Wales. Saat ini bisnis distributor tersebut digerakkan oleh dua orang diaspora Indonesia, Yusuf Usman Balahmar sebagai direktur dan Mohamad Rohmat sebagai general manager dari warehousenya di daerah suburb Melbourne. Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Sydney, Agung Harris Setiawan menekankan bahwa peluang pasar bagi produk high grade lubricant cukup besar dan karena itu ITPC terus mendorong peningkatan ekspor oli ke Australia. (p/ab)