Valentino Rossi Berjaya di MotoGP Catalunya

By Admin

nusakini.com--Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berjaya di  MotoGP Catalunya, Minggu (5/6). Rossi mengungguli dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Rossi menyelesaikan balapan dengan torehan waktu 44 menit 37,589. Dia unggul 2,652 detik dari Marquez yang finis kedua. Sedangkan Pedrosa terpaut 6,313 detik dari Rossi.

Sementara nasib apes dialami pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo. Dia gagal menyelesaikan balapan setelah terjatuh akibat bersenggolan dengan pebalap Ducati, Andrea Iannone. 

Lorenzo mengawali balapan dengan apik. Start dari posisi kedua, pebalap Spanyol itu sukses menyalip Marquez sebelum tikungan pertama.

Pada tikungan pertama lap kedua, Rossi membuat gebrakan. Dia melewati Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales sekaligus untuk menempati posisi keempat. 

Tak butuh waktu lama buat Rossi untuk merangsek naik posisi ketiga. Pebalap asal Italia itu sukses menyalip Pedrosa. Rossi pun siap bertarung dengan Lorenzo dan Marquez yang berada di depannya. 

Vinales coba mengikuti jejak Rossi. Namun, pebalap Spanyol itu justru melakukan kesalahan. Vinales terlalu melebar sehingga kembali disalip Pedrosa. 

Rossi tampaknya sedang onfire pada balapan ini. Setelah Dovizioso, Vinales, dan Dovizioso, giliran Marquez yang disalip The Doctor. Tak lama berselang, pebalap berusia 37 tahun itu menjadi yang terdepan setelah melewati Lorenzo.

Nasib apes dialami Lorenzo. Setelah dilewati Rossi, X-Fuera kemudian disalip Marquez dan Pedrosa. Posisinya pun terancam diserobot Vinales. Setelah beberapa lap bersaing, Vinales akhirnya membuat posisi Lorenzo kembali melorot.

Lorenzo benar-benar mengalami hari yang buruk. Saat balapan menyisakan 8 lap lagi, pebalap berusia 29 tahun tersebut terjatuh setelah bersenggolan dengan Andrea Iannone.

Tiga kali juara dunia MotoGP itu terlihat marah besar kepada Iannone. Dia tampak tak ingin mendengarkan penjelasan dari pebalap asal Italia tersebut. Insiden ini pun bakal diinvestigasi oleh Race Director. 

Persaingan sengit terjadi antara Rossi dengan Marquez di lima lap yang tersisa. The Baby Alien sempat menyalip Rossi, namun The Doctor kembali menyodok ke posisi depan.

Aksi salip meyalip tersaji jelang akhir balapan. Sayang, sebuah kesalahan dibuat Marquez pada lap ke-24. Dia melebar sehingga tertinggal cukup jauh dari Rossi. Hingga finis, posisi Rossi tak terkejar Marquez. (b/ab)