Vaksin New Castle Deases terhadap Ayam KUB dan Ayam Sensi

By Admin


nusakini.com-Kupang-Sebagai Lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dibidang peternakan, Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang memiliki instalasi ternak ayam buras, yang meliputi ayam KUB (Kampung Unggulan Balitnak) sebagai ayam penghasil telur dan ayam sensi (Sentul Terseleksi) penghasil daging yang didatangkan dari Balai Penelitian Ternak Kementerian Pertanian. Instalasi ternak ayam buras ini dimanfaatkan sebagai peternakan percontohan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan usaha peternakan ayam.

Dalam usaha pemeliharaan ternak ayam, salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan adalah vaksinasi. Vaksinasi merupakan pemberian kekebalan pada ternak ayam, terhadap serangan agen penyakit tertentu. Ada dua tipe vaksin yang biasa digunakan pada program vaksinasi ayam yaitu vaksin live / hidup diberikan melalui tetes mata, tetes hidung dan melalui air minum dan vaksin kill / mati yang diberikan melalui suntik / injeksi. Vaksin yang diberikan pada ternak ayam KUB dan ayam sensi diantaranya adalah vaksin ND  

Vaksin ND dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya serangan penyakit ND pada ternak ayam. Penyakit ND merupakan penyakit yang disebabkan oleh New Castle Disease Virus, bersifat sangat menular dengan tingkat kematian yang tinggi berkisar 50-100%. Di Indonesia penyakit ini biasa dikenal dengan nama Tetelo.

Penyakit ini memiliki gejala berupa hidung tersumbat dan mata berarir, mengorok, sayap terkulai, kaki diseret, dan kepala terpelintir. Ayam umur muda sangat rentan terkena serangan virus ini. Pada ternak ayam KUB dan ayam Sensi, Vaksinasi ND diberikan sebanyak 4 kali. Vaksinasi diberikan pada umur 4 hari, 28 hari, 70 hari, dan 112 hari. Selanjutnya vaksinasi ND diulangi setiap satu bulan sekali.  

Sistem kekebalan lokal pada ayam dalam bentuk Imunoglobulin A yang diturunkan dari induk ke anak hanya diturunkan dalam jumlah sedikit saja. Sehingga diperlukan vaksinasi untuk pembentukan sistem kekebalan ini. Vaksinasi pertama sangat disarankan menggunakan vaksin live dengan pemberian melalui tetes mata tetes hidung atau melalui air minum. Vaksinasi dengan menggunakan vaksin live biasanya dapat membentuk kekebalan dengan cepat dan titter sistem kekebalan yang bertahan dalam waktu yang relatif singkat.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk memberikan vaksin live pada vaksinasi awal agar system kekebalan dapat segera terbentuk dan dibooster kembali setelah 24 hari kemudian.

Ternak ayam KUB dan ayam SENSI di BBPP Kupang diberikan vaksin ND live pada vaksinasi pertama dan vaksinasi kedua. Vaksinasi pertama dilakukan pada hari ke 4 (dengan aplikasi vaksin melalui tetes mata dan vaksinasi kedua pada hari ke 7 dengan rute pemberian melalui tetes mata, pada vaksinasi ketiga dan keempat akan diberikan vaksin kill dengan cara suntik.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan cara mengumpulkan semua ayam dalam sekat waring yang telah dipasang di dalam kendang, dan vaksinasi dilakukan dari dalam sekat. Ayam yang sudah selesai divaksin kemudian dikeluarkan dari sekat tersebut. Kegiatan vaksinasi harus memperhatikan kondisi ayam. Ayam yang akan divaksin tidak boleh berkumpul disatu titik dalam jumlah yang sangat banyak.

Ayam yang berkumpul disudut kendang dalam jumlah yang banyak biasanya akan menyebabkan ayam mengalami heat stress dan menjadi sesak napas dan dapat menyebabkan kematian. Kegiatan vaksinasi yang dilakukan sebisa mungkin tidak menyebabkan stress pada ayam sehingga pembentukan antibody dapat optimal. (p/eg)