UT Siap Bantu UMKM Tingkatkan Pendidikan

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Universitas Terbuka (UT) siap membantu pemerintah dalam meningkatkan pendidikan UMKM lewat berbagai macam strategi, salah satunya dengan mengadakan Workshop Kewirausahaan Milenial dan Era 4.0 dengan mengandeng Bisnis Sulawesi guna untuk menciptakan UMKM yang lebih baik lagi. Kegiatan Tersebut di selenggarakan di Aula Universitas Terbuka Makassar. 

Kuantitas UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan Khususnya yang berada di Kota Makassar yang bergerak dalam bidang industri kreatif senantiasa mencatatkan pertumbuhan cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Namun demikian, kontribusi segmen tersebut masih relatif kecil terhadap struktur perekonomian Makassar.

Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan sumber daya guna memacu pengembangan kapasitas, mulai dari aspek permodalan, promosi hingga penguatan kualitas produk yang memiliki daya saing. Merujuk pada data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, jumlah pelaku UMKM yang ada di Kota Makassar sejauh ini ada sebanyak 16.492 yang bergerak pada beragam sektor.

Khusus untuk pelaku UMKM yang fokus menjajal industri kreatif dengan mengelaborasikan fasilitas dgital, masih berada di bawah 10%, meski dari sisi pertumbuhan mencatatkan peningkatan cukup atraktif. Secara khusus, industri kreatif memiliki potensi yang luar biasa mengingat segmen ini sebenarnya memiliki daya tumbuh, inovasi yang tinggi.

Untuk skala lebih luas, pengembangan kapasitas pelaku UMKM berbasis industri kreatif diproyeksikan pula mampu menjadi solusi dalam penyediaan lapangan kerja dan pemangkasan angka pengangguran. Tidak hanya itu, dorongan digitalisasi dalam operasional pelaku UMKM bakal lebih mengatrol daya tumbuh dan kapasitas segmen tersebut.

Kepala Dinas dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal , mengatakan momen Workshop ini sangat bagus sekali dalam meningkatkan pengetahuan para UMKM, baik dari segi menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas maupun dari segi pemasaran produk. 

“Saya berharap dengan diadakannya Workshop seperti ini, para Perguruan Tinggi lainnya juga bisa mengikuti jejak Universitas Terbuka yang ikut mensukseskan program pemerintah dalam menciptakan wirausaha muda baru yang bisa menopang perekonomian Indonesia. Ada dua hal yang saya liat tujuan workshop ini, pertama memberikan pengetahun UMKM dalam segi memasarkan produknya dengan mendatangkan beberapa praktisi UMKM, dan kedua yaitu meningkatkan SDM para pelaku UMKM dalam meningkatkan pengetahuannya di Bidang Pendidikan yang langsung di bawakan Universitas Terbuka. “ Paparnya 

Ditempat yang sama, Direktur Universitas Terbuka(UT) Makassar, Andi Sylvana M.Si menuturkan bahwa UT merupakan universitas yang pertama menjajal dunia digital yang saat ini lagi menjadi perbincangan hangat di semua masyarakat di dunia khususnya Indonesia. Dan terkhusus melalui Pendidikan, UT sudah 34 tahun lebih dulu terjun di dunia digital.

 “ Kami ingin membantu pemerintah dalam menciptakan wirausaha baru yang memiliki pengetahuan pendidikan yang baik dan usaha yang sukses. Makanya kami ikut berpartisipasi bersama Bisnis Sulawesi dalam mendorong program tersebut. Seperti di ketahui, bahwa UT menawarkan pendidikan Jarak Jauh, jadi bisa di nikmati oleh seluruh kalangan masyarakat terkhusus para UMKM lokal yang sempat terhambat melanjutkan pendidikan, solusinya adalah ikut bergabung di UT, karena proses pembelajaran di lakukan secara digital tanpa mengikuti tutorial tatap muka, pengerajaan tugas dan tutorial bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, fleksibel tanpa mengganggu jalannya proses pemasaran usaha para UMKM.” Katanya.(R/Rajendra)