Usai Hadiri Pembukaan KTT, Presiden Jokowi Akan Kunjungi Masjid Niujie Beijing

By Admin

Foto/Setkab  

nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (14/5) pagi waktu setempat  menghadiri upacara Pembukaan Belt and Road Forum For International Cooperation atau kerja sama negara-negara di Jalur Sutera, di  China National Convention Center, Beijing, RRT. Acara ini juga dihadiri oleh 29 Kepala Negara/Pemerintahan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki program pembangunan yang antara lain dilakukan pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas.“Dalam konteks ASEAN, telah ada pula ASEAN Connectivity 2025, seperti peluncuran layanan transportasi laut Roll-on/Roll-Off atau Ro-Ro antara Davao – General Santos – Bitung yang diresmikan bersama oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte,” ucap Retno.

Menlu menegaskan, Indonesia terbuka bagi kerja sama dengan pihak luar, termasuk dalam konteks inisiatif belt and road.

“Indonesia selalu menekankan bahwa kerja sama tersebut harus membawa kepentingan bagi rakyat dan memberikan kontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan perdamaian dunia,” kata Retno.

Kunjungi Masjid Niujie

Setelah menghadiri upacara pembukaan, Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke masjid tertua dan terbesar di Beijing, yakni Masjid Niujie. Di sini Presiden akan bertemu dengan Imam Masjid, Ketua Asosiasi Islam Tiongkok dan Tokoh Muslim.

Presiden juga dijadwalkan menerima beberapa kunjungan kehormatan, diantaranya adalah dengan Presiden Universitas Tsinghua, Perdana Menteri Polandia Beata Szydlo dan IMF Managing Direktur Christine Lagarde.

Sebelum mengikuti acara jamuan makan malam di Great Hall of The People, Presiden diagendakan melakukan pertemuan dengan Presiden RRT Xi Jinping. (DNS/ES)