Usai Bertemu Pengrajin di Cirebon, Jokowi Ingin Buat Bulog Rotan

By Admin


nusakini.com - Cirebon - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyambangi Kampung Produktif Pengrajin Rotan, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Jokowi meninjau para pengrajin rotan itu usai salat Jumat di Masjid Baitussalam.

Saat melakukan peninjauan Jokowi mengatakan dirinya akan membuat Badan Urusan Logistik (Bulog) khusus rotan. Diharapkan dengan adanya Bulog Rotan suplai bahan baku bisa terus menerus.

"Ya ini memang dari dulu problem yang sering ada di sini suplai bahan baku yang tidak _continue_, terus menerus, kadang ada kadang tidak," kata Jokowi, Jumat 5 April 2019.

"Misalnya untuk kaki ada, sandaran enggak ada bahan baku. Sehingga bangku-bangku tidak selesai-selesai, jadi menghambat perputaran keuangan di pengrajin, industri. Sehingga tadi kita berpikiran membuat bulognya rotan," lanjut dia.

Nanti apabila ada Bulog Rotan, pemerintah akan beli stok rotal dari petani yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya stok itu ditampung di Bulog Rotan.

"Pengrajinnya tinggal belinya di dekat sini. Mungkin itu, nanti kita mau matangkan lagi," ucap Jokowi.

Untuk lokasinya, Jokowi menuturkan akan ada di seluruh industri dan pengrajin yang ada di Indonesia. Misalnya Cirebon, Solo, Jepara.

"Dari dulu kekuatan rotan besar, tapi ingat ada subtitusinya yaitu rotan plastik. Kita harus mengerti ini dengan kondisi persaingan kadang-kadang muncul barang-barang plastik yang lebih kuat, lebih cantik, tapi tetap yang alami itu rotan, dari alam," bebernya.

Jokowi lalu mengungkapkan nantinya pusat Bulog Rotan akan ada di Cirebon.

"Iya paling gede memang Cirebon," tutur Jokowi. (b/ma)