Upaya Stabilisasi Harga, BUMN PN dan RNI Hanya Jual Gula ke Bulog

By Admin


nusakini.com - Koordinator BUMN Gula Subiyono, di Jakarta, Minggu (12/6/2016), menyampaikan PT Perkebunan Nusantara (PN) dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) berupaya melakukan stabilisasi harga. Caranya ialah dengan hanya menjual gula ke Perum Bulog.

Gula produksi PN dan RNI ini dijual ke Bulog seharga Rp 10.500 per kilogram. Koordinator BUMN Gula Subiyono mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan direksi Bulog. 

Dalam satu pekan ini penjualan gula milik pabrik gula BUMN direalisasikan sebanyak 11.200 ton ke Bulog dengan harga Rp 10.500 per kilogram. Sehingga setelah digelontorkan ke pasar harga bisa turun ke level Rp 12 ribu hingga Rp 12.500 per kilogram. 

Semua produksi gula BUMN tahun ini, lanjut Subiyono, tidak ada yang dijual di luar untuk kepentingan stabilisasi harga. 

Menurutnya, gula produksi BUMN hanya keluar untuk operasi pasar yang dilakukan bersama pemerintah daerah dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dengan harga Rp 11.750 hingga Rp 12 ribu per kilogram. 

“Gula milik BUMN juga tidak akan dijual ke pedagang meskipun dalam situasi saat ini produsen gula BUMN bisa mengambil keuntungan yang besar, misalnya Rp 13.500 per kilogram. Bahkan, meskipun pedagang terus menawar dan mendesak untuk membeli gula PT PN dan RNI,” pungkasnya. (if/mk)