Upacara Ala Eksekutif, Cara SMAN 20 Makassar Tanamkan Jiwa Wirausaha Kepada Anak Didik

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-SMAN 20 Makassar punya cara tersendiri saat memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10). Bertempat di lapangan upacara sekolah yang berlokasi di kawasan Barombong, para anak didik menggelar upacara dengan berkostum ala eksekutif muda.  

"Semua prosesi acara dilakukan oleh siswa. Kami dari pihak sekolah hanya mendukung saja," ujar Bachmansyur, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 20 Makassar kepada nusakini.com.

Menurut Bachmansyur, tema Eksekutif Pemuda Berkarya ini merupakan bagian program menanamkan jiwa wirausaha kepada anak didik. "Sebelumnya kami juga menggelar festival budaya," terang Bachmansyur..

Pihak sekolah, lanjut Bachmansyur, akan memberlakukan cara berpakaian ini pada satu dari lima hari sekolah. "Para siswa-siswi memakai baju putih lengan panjang, celana/rok hitam dan dasi."

Selepas upacara, panitia juga menggelar lomba baca puisi, fashion show, pidato dan stand up comedy.

Tak hanya menamamkan mental dan sikap wirausaha, SMAN 20 Makassar juga bakal menggelar pelantikan pengurus sejumlah organisasi sekolah di Pantai Barombong. "Sehari sebelum ke pantai, kami akan menggelar pelatihan dasar dan kepemimpinan di sekolah. Di Pantai Barombong nanti, kami juga melakukan aksi bersih-bersih untuk menciptakan lingkungan yang bersih," papar Bachmansyur.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 20 Makassar, Mirdan Midding mengungkapkan dirinya mendukung seluruh program yang dibuat oleh para anak didiknya. "Sebagai Kepsek saya tentu ingin para anak didik bisa mandiri dan kreatif. Apalagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, berlatar belakang wirausahawan," pungkas Mirdan. (ab)