UP PKB Pulogadung Lakukan Ramp Check 2.893 Bus

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Jakarta Timur, telah melakukan ramp check 2.893 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP).  Bus tersebut digunakan untuk angkutan Natal 2018 dan liburan tahun baru ini. 

Kasubag Tata Usaha UP PKB Pulogadung, Fatchuri mengatakan, ramp check dibagi menjadi dua gelombang. Untuk yang pertama, dilakukan pada 15-20 Desember 2018 lalu. Dari 1.250 armada yang dicek, ada 828 yang mendapatkan catatan khusus sehingga belum bisa dinyatakan lulus. 

Sementara tahap dua dilakukan pada periode 20 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019. Ada 1.643 armada yang dicek dan yang lulus uji baru 445 armada. Sisanya diberikan catatan khusus oleh petugas. 

"Ramp check dilakukan untuk arus mudik balik Natal serta tahun baru. Kita lakukan untuk bus di Terminal Rawamangun dan Kampung Rambutan," ujar Fatchuri, Jumat (4/1). 

Menurutnya, catatan khusus yang diberikan antara lain ban bus yang telah gundul, tidak ada sabuk pengaman, rem tangan kurang berfungsi, kaca pecah, klakson mati, buku kir kedaluwarsa dan sebagainya. 

"Mereka harus perbaiki dahulu yang kurang, nanti kita cek lagi," tandasnya.(p/ab)