Universitas Muslim Maros Gelar KKN Perdana

By Admin


nusakini.com - Universitas Muslim Maros menggelar pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) perdana tahun akademik 2017-2018, Kamis (25/1/2018) di Gedung Serba Guna Pemkab Maros, Sulsel.

Gelar pelepasan mahasiswa KKN Perdana Universitas dibawah naungan Yayasan Perguruan Islam Maros ini dihadiri Wakil Bupati Maros Ir H. Andi Mattotorang MM, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX, Dr Hawignyo, MM, Ketua Yayasan Yapin Maros, Dr H. Muhammad Ikram Idrus, MSi, Rektor Universitas Muslim Maros (UMMA), Prof. Nurul Ilmi Idrus M.Sc, Ph.D, para Guru Besar UMM serta dosen dan mahasiswa.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM-UMMA), Dr Suhartina R, M.Hum menyampaikan KKN perdana ini merupakan salah satu program LPPM-UMMA yang menjadi bagian dari tugas Tri Dharma Perguaruan Tinggi.

“Program KKN UMMA ini menjadi KKN perdana setelah ketiga Sekolah Tinggi dilingkup Yapin Maros, yakni STKIP, STIM dan STIPER berubah menjadi Universitas”, kata Suhartina dalam sambutannya, Kamis (25/1/2018)

Menurutnya, dari program ini diharapkan mamapu memberi wawasan serta pengetahuan secara praktis pada mahasiswa peserta KKN. Kegiatan ini juga merupakan uji coba pengintegrasian secara komprehensif seluruh program multidisiplin yang bakal dilakukan masing-masing fakultas serta melakukan sinkronisasi antara program strategis universitas dengan program strategis Pemkab Maros dan Pangkep khususnya bidang pendidikan karakter, ketahanan pangan dan pengembagan UMKM berbasis entrepreneurship.

Disamping itu, kata Suhartina, KKN ini juga bertujuan melaksanakan serangkaian program penghijauan dan kebersihan yang disinergikan dengan program yang menjadi kebutuhan masyarakat desa.

“Dengan begitu, tema yang diusung KKN perdana ini adalah Go Green, Go Clean”, ujarnya.

Adapun peserta KKN perdana ini berjumlah 327 mahasiswa yang nantinya akan ditempatkan pada empat kecamatan di Kabupaten Maros serta dua kecamatan di Kabupaten Pangkep.

Dikesempatan itu juga Suhartina mengucapkan terimakasih atas sumbangan 1000 bibit pohon oleh Dinas Kehutanan Propinsi Sulsel untuk ikut mendukung Go Green, Go Clean yang menjadi program unggulan KKN Perdana mahasiswa Universitas Muslim Maros. (p/ma)