Universitas Indonesia dan IUT Menyelenggarakan Konferensi Internasional ke-18 di Vlašić

By Admin


nusakini.com-Saraje- International University of Travnik (IUT) bekerja sama dengan Universitas Indonesia telah menyelenggarakan Konferensi Internasional ke-18 di kota Vlašić pada pekan lalu. Tema yang diangkat kali ini adalah “Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Negara-Negara Balkan dengan penitikberatan kepada Upaya B&H dalam Proses Aksesi ke Uni Eropa". 

Prof. Dr. Bambang Wibawarta, Wakil Rektor Universitas Indonesia dalam makalahnya Bambang Wibawarta menyampaikan peluang-peluang yang bisa diperoleh B&H terutama dalam bidang pendidikan terkait upaya aksesi ke UE. Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor juga menyampaikan bahwa UI telah memiliki kerja sama dengan universitas terkemuka di berbagai negara termasuk kawasan Balkan. Lebih lanjut Wakil Rektor mengharapkan terjalinnya kerja sama dengan universitas-universitas yang hadir dalam konferensi kali ini. 

Dubes RI Sarajevo dalam sambutannya menggarisbawahi kerja sama bilateral Indonesia-B&H khususnya di bidang pendidikan yang telah terjalin, terutama dengan telah ditandatanganinya MoU antara UI, Unjani Cimahi dan Unjani Yogyakarta dengan Universitas Sarajevo, Zenica, Tuzla, dan Džemal Bijeldić Mostar. Dubes juga mengapresiasi hasil kolaborasi antara UI dan IUT kali ini dan berharap agar kerja sama kedua universitas ini dapat terus ditingkatkan. 

Konferensi kali ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menekankan pentingnya peran perguruan tinggi dalam pengembangan daya saing ekonomi B&H maupun negara-negara kawasan Balkan lainnya, dengan menjadikan konferensi ini sebagai tempat untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan ilmiah maupun hasil penelitian. Selain Indonesia, pemakalah dalam konferensi ini berasal dari B&H, Serbia, Kroasia, Makedonia, Polandia, Bulgaria, dan Montenegro. (p/ab)