UNDP Siap Sokong Agenda Smart Transportation Makassar

By Admin

nusakini.com--The United Nations Development Programme (UNDP) perwakilan Jakarta dan Bangkok menemui Wali Kota Makassar di Rumah Jabatannya,kemarin.

Menurut salah satu staff UNDP Jakarta Siprianus Bate Soro, ada dua yang menjadi agenda penting dirinya bersama rombongan menemui wali kota yang dikenal memiliki banyak inovasi ini. 

"Pertemuan hari ini dalam rangka konsultasi dengan wali kota terkait dukungan Smart City dan Smart Transportation di Makassar ini," ucapnya. 

Sekaitan dengan itu, Siprianus mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan menyelenggarakan peluncuran program yang selama ini telah dilakukan untuk Makassar sekaligus dialog publik terkait smart city dan smart transportation. 

Namun Siprianus tidak menjelaskan lebih lanjut dukungan terhadap dua agenda yang dimaksud. "Kita tidak mendahuli kegiatan nantinya, namun kita akan jelaskan nanti pada peluncuran itu tanggal 22 Mei mendatang di Anjungan Pantai Losari," ucapnya. 

Namun inti yang paling penting kata Siprianus adalah komitmen kepala daerah dan seluruh stake holder mendukung adanya pengembangan smart transportation. "Saya pikir itu catatan- catatan yang paling penting, mengenai analisis dan perkembangannya seperti apa nanti kita jelaskan saat peluncuran," pungkasnya. 

Terkait hal itu, Wali kota Danny Pomanto menjelaskan pertemuan dengan UNDP adalah kelanjutan bantuan lembaga tersebut terhadap transportasi publik di Makassar. 

"Di antaranya ada program "Inassami", dan "Passikola" yakni bagaimana pete- pete lama digunakan kembali, dibuat jadi smart pete- pete untuk kebutuhan transportasi khusus bagi anak sekolah," kata Danny. 

Hal ini menarik kata Danny karena transportasi pete- pete konvensional tidak akan terbuang, tetapi digunakan kembali untuk keperluan yang lain. (p/ab)