UN Serempak, Pengawalan Diperketat

By Admin


* Berkas Soal UN, 3 Pulau Terima Lebih Awal

nusakini.com - Pangkep Persiapan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) dilaksanakan serempak, besok Senin 04 April 2016. Untuk wilayah Kota Makassar mendapat pantauan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, Minggu (3/04/2016) .Pemantauan ini untuk memastikan pengamanan berkas soal UN, sehingga pengawalan diperketat. 

Hari yang sama untuk wilayah Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) pengamanan berkas soal ujian dipastikan aman dengan pengawalan ketat dari jajaran kepolisian.

Berbeda dengan wilayah lainnya, pengiriman berkas Soal UN, tidak bersamaan, karena 3 pulau mendapat prioritas termasuk Pulau Sapuka, Pulau Sailus dan Pulau Sabaru. Ketiga nya masih berada di wilayah Pangkajene Kepulauan, tetapi jarak tempuh 2-3 hari dengan memakai alat transportasi laut.

Berkas soal UN SMA Negeri dalam wilayah hukum Polsek Liukang Tangayya telah tiba dalam keadaan lengkap dan aman dengan penjelasan. Berkas UN untuk sekolah terpencil yang berlokasi di pulau dengan menggunakan alat transportasi laut lebih awal pengirimannya dengan pertimbangan lokasi dengan jarak tempuh yang sangat jauh.

Sesuai laporan dari personil kepolisian yang diterima Kapolres Pangkajene Kepulauan AKBP Mohammad Hidayat Berkatullah, SH., SIK., MH., dengan rincian :

1. Senin tanggal 27 Maret 2016 jam 16.00 wita naskah UAN SMA Negeri 1 sapuka dengan dikawal BRIPKA Suwitri dan BRIPKA Andi Awaluddin bersama Kepsek La Enre, S.Pd dengan transportasi KM Perintis PAPUA 2 tiba di Pulau Sapuka pada Rabu tanggal 29 Maret 2016 jam 08.00 wita. 

2. Rabu tanggal 30 Maret 2016, Jam 16.00 wita melalui pesawat udara tujuan Kabupaten Lombok/NTB, naskah UAN SMA Negeri 3 Sailus dengan dikawal oleh BRIG. Amrullah dan BRIG. Indra Lesmana dan kepsek Natsir S.Pd. tiba hari itu juga dan lanjut jam 21.00 wita dari Dermaga Labuan Lombok dengan menggunakan Kapal Jolloro menuju Pulau Sailus dan tiba hari kamis tanggal 31 Maret 2016 jam 10 wita dalam keadaan lengkap dan aman. 

3. Rabu tgl 30 Maret 2016 jam 21.00 wita naskah UAN SMA Negeri 2 Sabaru di Pulau Sabaru dengan pengawalan BRIPKA Syukri dan BRIPTU Wahyu Hidayat dan Kepsek Ramlab, S.Pd telah tiba di Pulau Sabaru pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2016 jam 11. 00 wita dalam keadaan lengkap dan aman.

UN masing-masing SMA negeri tersebut diatas pada tahun kemarin mengalami keterlambatan atau begeser 2 hari, dikarenakan cuaca dan transportasi.

"Sehubungan dengan hal tersebut, berdasarkan hasil kordinasi dan mufakat kami dengan Kepsek masing-masing, naskah UN tersebut diberangkatkan lebih awal," kata Hidayat.

Sementara pelaksanakan UN akan berlangsung besok Senin tanggal 04 April 2016 dengan pengamanan melekat pada naskah UN, selanjutnya hasil pelaksanaan UN Tk. SMA/SMK akan di laporkan kemudian saat pelaksanaan berlangsung. (ros)