UN Habitat III, Menteri Basuki Lakukan Pertemuan Bilateral Dengan Beberapa Negara Sahabat

By Admin

nusakini.com--Dalam kunjungannya ke Quito, Ekuador menghadiri Konferensi UN Habitat III, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi salah satu narasumber dalam acara konsultasi mengenai pembentukan sebuah fasilitas implementasi bersama untuk pembangunan kota berkelanjutan yang diselenggarakan di Habitat III Conference Centre, pada Selasa (18/10) waktu setempat.

Konsultasi tersebut bertujuan untuk mendengar pendapat dari para narasumber, mengenai bentuk-bentuk pemecahan masalah dan investasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak perubahan pada pembangunan nasional dan tingkat kota , serta mempercepat implementasi dari urbanisasi yang berkelanjutan. 

Menteri Basuki menekankan bahwa fasilitas tersebut bagi Indoesia sangat penting untuk membantu membangun kota yang berkarakter atau unik. Selain itu ia menambahkan bahwa sebaiknya berbagai bentuk bantuan yang mengalir ke Indonesia tetap diarahkan dan dikoordinasikan oleh Pemerintah Pusat. 

Usai acara tersebut, Menteri Basuki mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa delegasi negara sahabat. Pertemuan pertama dilakukan dengan Republik Korea Selatan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea, Kim Kyung Hwa, pukul 11.30 waktu setempat. 

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan pemarafan Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) kerjasama yang saling menguntungkan di bidang sumber daya air, jalan dan kota pintar antara Kim Kyung Hwa dengan Lana Winayanti, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat. 

Setelah itu, Menteri Basuki menerima delegasi Menteri Pengembangan Kota dan Perumahan Afghanistan, Sadat Mansoor Nader yang membicarakan mengenai peluang kerjasama di bidang pengelolaan sumber daya air terutama dalam hal pengelolaan sungai dan kanal. Bentuk kerjasama yang dijajaki yakni bantuan teknis, pengembangan kapasitas, kerjasama kota kembar, dan kerjasama pada BUMN konstruksi. Delegasi Afghanistan mengundang kehadiran Menteri PUPR ke Kaboul untuk membahas lebih lanjut rencan penandatanganbMoU kerjasama tersebut. 

Menteri Basuki juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pengembangan Regional Ceko, Ms. Karla Šlechtová membahas mengenai peluang kerjasama pariwisata dan pembangunan perkotaan. Untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut, Menteri Pengembangan Regional Ceko akan mengunjungi Jakarta pada pertengahan 2017 yang diikuti dengan rencana kunjungan balasan Menteri Basuki akan dilakukan pada Juni 2017 sekaligus menghadiri konferensi bendungan besar atau ICOLD Congress di Praha. 

Pertemuan juga dilakukan dengan Xavier Briggs, Vice President Ford Foundation membahas mengenai pembiayaan dan peningkatan kapasitas. Pembahasan peluang kerjasama akan dilanjutkan dengan kunjungan Ford Foundation ke Jakarta pada Desember tahun ini. (p/ab)