Ulang Tahun, KJB Gandeng Sofyan Hotel Bicara Soal Wisata Halal

By Admin


nusakini.com-Jakarta – Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) memperingati hari lahirnya yang ke-6, di Sofyan Hotel Soepomo Tebet Jakarta, akhir pekan lalu.

Berbagai rangkaian acara dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Komunitas Jurnalis Berhijab yang jatuh pada 26 November ini. Seperti perkenalan antar pengurus baru, games, doorprize hingga talkshow soal wisata halal, Islamic halal. 

Inisiator Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB), Trifty Qurrota Aini mengatakan Komunitas Jurnalis Berhijab menjadi salah satu komunitas yang mewadahi anggotanya untuk terus mengembangkan pemahaman tentang Islam. Sejumlah topik berbeda biasanya selalu disajikan dalam beragam sharing session.

“Enam tahun sudah komunitas berbasis profesi dan religi ini mengibarkan semangat berdakwah di tengah kesibukan para membernya bekerja sebagai jurnalis di sejumlah media di Indonesia,”ujar Trifty.

Trifty menyebutkan salah satu rangkaian hari ulang tahun KJB tahun ini adalah talkshow terkait wisata halal atau Islamic Halal dengan menggandeng Hotel Sofyan Soepomo Tebet. HUT KJB juga turut didukung oleh Allyoung Muslima, Allyoung.Id, Rumahkain dan Hijrahnisaa. 

“Talkshow kali ini, kami turut menghadirkan langsung Riyanto Sofyan, Owner Jaringan Hotel Syariah terbesar di Indonesia, yaitu Sofyan Hotels Group dan turut didampingi oleh sejumlah sponsor lain,”jelas Produser SCTV ini.   

Dalam Talk Show yang dipandu oleh salah satu pengurus KJB yaitu Fara Devana, Riyanto Sofyan berbagi pengalaman seputar bahasan wisata halal. Menurutnya wisata halal merupakan fenomena hijrah yang kian marak di tengah masyarakat, yang juga dialami oleh sebuah entitas bisnis.

“Paradigma bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang bersih dan halal harus dapat diterapkan oleh seorang pebisnis, misalnya menolak dengan halus untuk tamu-tamu yang akan berbuat tidak sepatutnya, atau hal-hal kecurangan yang beresiko menghasilkan rezeki yang tidak halal,”jelas Riyanto Sofyan. 

Ia juga menjelaskan bahwa wisata halal menjadi sangat penting khususnya mencari keberkahan rezeki. Disebutkan pula Sofyan Corp menjadi salah satu contoh wisata halal yang diawali dari bisnis perhotelan bernama Sofyan Hotel.

“Alhamdulillah hingga sekarang Sofyan Hotel berkembang menjadi empat sektor diantaranya jasa perhotelan dan pariwisata, pendidikan, properti, dan CSR yang berbasis syariah,”ujar pria kelahiran Jakarta, 26 Juni 1958 ini. 

Pada perayaan Hari Ulang Tahun Komunitas Jurnalis Berhijab ke-6 juga dirangkaikan dengan pelantikan ketua barunya yang kini diketua oleh Nikmatus Sholikah (TVOne) beserta jajarannya. Mereka adalah Fara, Dinda, Lukita, Selly dan Gres sebagai pengurus yang baru.  

Presiden Komunitas Jurnalis Berhijab yang baru, Nikmatus Sholikah mengatakan amanah sebagai seorang pemimpin bukan perkara yang sederhana. 

“Amanah adalah sebuah tanggung jawab kepada seluruh anggota dan Sang Khaliq harus benar-benar dijaga,”tutur Nikmah. 

Ia juga berpesan periode 2019-2021 bukan waktu yang sebentar. Namun baginya bukanlah siapa-siapa tanpa semua patner para member Komunitas Jurnalis Berhijab Indonesia. 

“Terima kasih atas support dan dukungannya, sehingga saya menerima amanah ini. Terima kasih untuk inisiator komunitas KJB, Trifty yang sudah sabar dan memberi banyak motivasi untuk membawa komunitas tersebut bisa selalu memberi kontribusi positif untuk para jurnalis muslimah dan masyarakat luas,”tutup jurnalis TVOne kelahiran Malang Jawa Timur ini.(r/rajendra)