UKM Asia-Pasifik Kagumi Peran Pemerintah Indonesia Berdayakan UKM

By Admin

nusakini.com--Peserta dari Kamboja, Laos, Myanmar, Afghanistan, Sri Lanka, Bangladesh, Timor Leste, Fiji, Tonga, Papua New Guinea, Samoa, dan Nauru menyampaikan kekaguman atas peran aktif Pemerintah Indonesia dalam memberdayakan dan mendorong perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Tidak kurang dari 24 peserta dari ke-12 negara tersebut telah mengikuti pelatihan International Training on Small and Medium Sized Enterprises (SMEs) Empowerment for Asia and Pacific Countries yang berlangsung pada tanggal 22 April - 1 Mei 2018 di dua kota yaitu Jakarta dan Bandung. Kegiatan ini merupakan kerja sama Direktorat Kerja Sama Teknik, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri RI dengan SMESCO Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM). 

Mewakili Dirut Smesco Indonesia, Atajuddin Noor, Kepala Divisi Umum, menyampaikan rangkuman kegiatan yang telah dilaksanakan dan mengharapkan peserta dapat memanfaatkan hasil pelatihan yang telah diikuti selama 10 hari. 

Dua peserta, Meav Soktry dan Ilaisaane Tuitupou, dalam testimoninya menyatakan apresiasi atas penyelenggaraan pelatihan dan berharap kerja sama akan terjalin antara negara mereka dengan Indonesia yang dipandang telah lebih maju dalam pengembangan UKM. Melalui pelatihan diharapkan materi yang diterima akan dapat diterapkan di negara peserta. 

Pelatihan ini merupakan bentuk implementasi komitmen Pemerintah Indonesia terkait pemberian bantuan teknik di dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS). Melalui KSS, Indonesia berupaya untuk turut berkontribusi sebagai mitra dalam pembangunan khususnya dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).