UIT Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI dan SNPT

By Admin

nusakini.com--Universitas Indonesia Timur (UIT) menggelar Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi SNPT (SNPT) di Hotel Wisata UIT, 24-26 Juni 2006.  Workshop ini diikuti wakil 11 Fakultas di UIT. 

"Saya memberi apresiasi kepada UIT yang melakukan sejumlah terobosan terkait pembenahan internal maupun perluasan informasi setahun terakhir ini," ujar Prof.DR.Ir Hj Andi Niartiningsih, MP, Koordinator Kopertis Wilayah IX usai membuka workshop.

Menurut Niartiningsih, pihak Kopertis optimistis dengan meningkatnya mutu layanan, UIT bakal jadi salah satu perguruan tinggi yang diperhitungkan.

Dilain pihak, Dr. Abdul Haeba Ramli, Ketua Panitia mengungkapkan tujuan dari pegelaran workshop ini agar peserta bisa memahami kurikulum dan standar pembelajaran perguruan tinggi."Juga diharapkan ada pemahaman landasan filosofis, pedagogis dan pengembangan kurikulum perguruan tinggi berbasis standar nasional. Hal ini penting untuk menyusun RPS dan RAP," jelasnya.


Sementara itu,pembicara utama, DR.Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, selaku Direktur Pembelajaran Kemenristek Dikti mengungkapkan penyusunan kurikulum yang tepat atau sesuai KKNI dapat mencetak mahasiswa yang andal, cakap dan mempunyai jiwa kepemimimpinan setelah menyandang gelar sarjana.

"Diharapkan juga setiap alumni mempunyai memampuan berbahasa asing baik dan mampu menyusun atau menulis jurnal dan makalah yang bermanfaat sesuai olah data," jelasnya.(ab)