UIN Syarif Hidayatullah Kini Memiliki Gedung Pendidikan Profesi Guru

By Abdi Satria


nusakini.com-Sawangan-Satu lagi sarana prasarana pendidikan dimiliki UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sarana tersebut berupa gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. 

“Mudah-mudahan ini menjadi simbol dari para guru, agar selalu membangun optimisme, kecerahan, dan sesuatu yang menggembirakan,” kata Menag di Sawangan, Senin (11/03). 

Peresmian ini dilakukan bersamaan dengan proses Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) di Gedung PPG UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UKMPPG ini diikuti sekitar 700 guru dari berbagai daerah. 

Kepada peserta UKMPPG, Menag berpesan untuk terus meningkatkan kompetensi. “Wawasan, pengetahuan guru harus lebih luas dari muridnya, semoga kualitas pendidikan keagamaan kita jauh lebih baik,” pesan Menag. 

Menag juga mengajak peserta PPG dapat menjaga rasa cinta. Sebab, rasa cinta yang selalu menyemangati, memotivasi semua dalam berinteraksi dengan anak didik. 

“Kita sedang mendidik, membentuk karakter, bukan sedang mentransfer ilmu pengetahuan. Dengan rasa cinta kita landasi semua, menanamkan kebajikan, membentuk karakter tidak bisa disampaikan dengan amarah, apalagi kebencian,” kata Menag.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Burhanuddin Umar Lubis, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas hadirnya Menag Lukman di gedung baru PPG ini. Mudah-mudahan dengan gedung baru ini mahasiswa dapat berprestasi lebih baik lagi. 

“Misi saya, peningkatan kapasitas mahasiswa, selain ilmu pengetahuan, tapi juga menyangkut kemampuan, integritas diri, akhlak dan lainnya. Kapasitas adalah istilah yang harus dimiliki semuanya agar senantiasa dapat berkembang baik,” kata Amany. 

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ahmad Thib Raya dalam laporannya menyampaikan gedung baru ini mulai dipakai per 1 Maret 2019. “Bangunan ini cukup megah dengan 78 ruangan berdiri 9 lantai diatas tanah seluas 2,6 hekatare,” kata Thib Raya. 

Tampak hadir para wakil rektor, para dekan, dan dosen-dosen FITK serta mahasiswa-mahasiswi FITK UIN Syarif Hidayatullah.(p/ab)