nusakini.com-Malang-Kontingen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta meraih emas untuk cabang seni Puitisasi Al-Quran pada PIONIR ke IX tahun 2019 di Malang. Grand Final berlangsung di hall Lippo Plaza Kota Batu, Rabu (17/07). 

Fida’ulmu Fidah mahasiswa semester lima Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil menyisihkan 40 peserta puitisasi Alquran lainnya. Fidal panggilan akrab sehari-hari membacakan puisinya yang berjudul Hakekat Kesempurnaan Puitisasi Alquran surah At-Tiin. 

Mahasiswi kelahiran Sragen tahun 1999 ini merupakan anak pertama dari lima bersaudara pasangan dari Fathoni/Eryanti Widyaningsih. Bakat dan jiwa seninya telah tumbuh berkembang sejak ia duduk di bangku sekolah.  

Prestasi yang pernah diraihnya antara lain juara 2 baca puisi online Nasional puisi menolak korupsi ke-53 tahun 2019 dan juara 3 baca puisi festival sastra Universitas Gadjah Mada tahun 2019. 

Fida mengaku terus berlatih jelang tampil di ajang PIONIR. "Ini semua berkat doa dan support dari seluruh pihak, baik orang tua, pimpinan kampus dan para pendamping saya,” jelas Fida. 

Fida berharap, ke depan bisa berkarya lebih baik lagi dan dapat membahagiakan kedua orang tua, bangsa dan negara. 

Sementara juara kedua, diraih Agustina Dwi Safira IAIN Surakarta, sedang ketiga diraih Alfiansyah UIN Palembang. Urutan berikutnya adalah Isqi Karomah Kusuma (UIN Syarif Hidayatullah), Risma Amelia (IAIN Syeikh Nurjati Cirebon), dan Mariani (STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh). (p/ab)